Home Ekonomi

Pascabencana, Nasabah Asuransi Bumida Klaim Rp20 Miliar

514

Palu, Metrosulawesi.id – Pemegang polis di PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 cabang Palu telah melakukan klaim sebesar Rp20 miliar.

Pimpinan Bumida cabang Palu, Roni mengatakan setelah bencana ada sekitar 4 orang yang mengklaim asuransi gempa. Sedangkan, pendapatan premi di tahun 2019 pihaknya menargetkan sekitar Rp3 miliar.

“Saya tidak bisa pastikan dalam perhitungan klaim karena ada tim yang bisa menghitung. Saya hanya bisa analisa saja sekitar puluhan miliar,” kata Roni, Rabu 6/1/2019.

Menurutnya, pemegang polis kendaraan sampai hari ini belum ada yang melakukan klaim. Sedangkan, masyarakat umum yang banyak mengambil asuransi di tempat itu ialah asuransi kebakaran.

“Belum lama ini bekerja sama dengan pihak Universitas Tadulako dalam memberikan santunan kepada ahli waris mahasiswa yang menjadi korban bencana. Per mahasiswa dapat Rp5,5 juta dan yang mendapatkan sebanyak 18 orang ahli waris,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa santunan diberikan pada seluruh ahli waris secara bertahap mengingat masih sulit mengumpulkan data mahasiswa uang menjadi korban 28 September lalu.

“Salah satu kendala kami dalam menyalurkan santunan ialah data para korban. Sedang, syarat untuk menerima santunan klaim adalah pihak keluarga diminta untuk menyerahkan surat kematian yang terdaftar menjadi Mahasiswa Untad. Tapi, para orang tua yang anaknya menjadi korban masih meyakini bahawa anak mereka masih hidup,” jelasnya.

Dia mengungkapkan pemberian santunan akan berlanjut ke tahap ke dua mengingat masih banyak berkas dan data korban mahasiswa yang belum dimasukkan secara keseluruhan.

“Asuransi Bumida telah bekerjasama sama dengan pihak Untad sejak tahun 2008. Data mahasiswa lainnya masih menunggu konfirmasi dari pihak ahli waris,” tutupnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas