Home Palu

Tiap Jumat, SMPN 2 Palu Gelar Dzikir dan Sedekah Bersama

Ninik Yuliati. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Pada Jumat 1 Februari 2019, SMP Negeri 2 Palu akan mengadakan dzikir bersama. Kegiatan ini telah menjadi agenda rutin sekolah. Selain dzikir bersama, pada acara itu, SMPN 2 Palu juga menggelar program bersedekah.

“Bersedekah di tiap Jumat ini ada berkahnya. Jadi tiap jumat kami imbau siswa bersedekah, bahkan para guru juga ikut bersedekah,” kata Kepala SMP Negeri 2 Palu Ninik di Palu, Rabu, 30 Januari 2019.

Ninik mengungkapkan, dana sedekah itu dimanfaatkan untuk menggelar kegiatan besar keagamaan, misalnya perayaan Isra Miraj, Maulid dan kegiatan keagamaan lainnya. Selain itu digunakan untuk membayar penceramah.

“Yang memimpin dzikir ini guru dan siswa, kadang-kadang itu bergantian siswa dan guru agama,” ungkapnya.

Begitupun agama lain, kata Ninik, pada Jumat mereka juga mengadakan kegiatan doa bersama di lain tempat.

“Peserta didik beragama Kristen Protestan, Katolik, dan Hindu masing-masing melaksanakan kegiatan keagamaan di lapangan pada tempat yang telah disediakan. Sedangkan peserta didik beragama Islam melaksanakan kegiatan keagamaan di lapangan,” katanya.

Kata Ninik, kegiatan ini bertujuan untuk mengkondisikan otak, pikiran dan hasrat siswa agar bisa lebih stabil dan semangat mengikuti kegiatan belajar mengajar. Kreatifitas siswa dalam belajar pun diharapkan muncul apabila tujuan ini tercapai.

“Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan dzikir ini, bahkan peserta didik begitu padat mengikuti dzikir tiap hari Jumat,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas