Home Ekonomi

Bulog Jamin Stok Daging Beku 4 Ton

282
Juharnon Lalundo. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Perum Bulog Sulawesi Tengah menjamin stok daging kerbau beku sebanyak 4 Ton untuk kebutuhan masyarakat khususnya para pedagang bakso dan rumah makan di Kota Palu.

“Ada stok daging kerbau beku 4 ton di Bulog setelah 6 ton di tahun kemarin telah disalurkan. Stok itu cukup untuk kebutuhan masyarakat,” ujar, Kabid Komersial dan Pengembangan Bisnis Industri Divisi Bulog Sulteng, Juharnon Lalundo saat ditemui Metrosulawesi, Rabu, 30 Januari 2019.

Menurut dia, untuk memenuhi kebutuhan daging kerbau beku itu, Bulog melalui Bulog pusat juga sudah bersiap mengimpor daging beku dari India jika memang dibutuhkan tambahan.

“Tetapi, hingga sejauh ini permintaan masih stabil bahkan turun Pasca bencana, sehingga diyakini stok akan aman. Bulog juga terus memantau ketersediaan daging beku. Kalau kurang akan ditambah pasokannya,” katanya.

Adapun harga jual daging kerbau beku itu di pasar, paling tinggi harus sebesar Rp80.000 per kg. Dia mengakui harga daging beku tergantung kualitas, tetapi paling tinggi harus Rp80.000 per kg.

“Dengan ada daging kerbau beku diharapkan bisa membantu mengendalikan harga jual daging sapi segar di pasar yang biasanya menguat menjelang hari besar keagamaan,” ucap Juharnon Lalundo.

Dia mengatakan kualitas daging kerbau beku cukup baik dengan protein 30 persen itu kompetitif. Sedangkan, lemak daging kerbau beku sebanyak 0,5. Ini merupakan sama dengan daging sapi yang dijual di pasar tradisional.

“Bukan hanya langsung dipotong dikatakan segar lalu dijual. Tetapi, saya kira proses daging beku cukup higenis. Untuk pedagang bakso belum terlalu banyak yang beli daging kerbau beku karena masyarakat Palu tidak terlalu mengonsumsi bakso dan masih senang makan Kaledo, coto dan makan yang lain,” katanya.

Sementara itu, Perum Bulog akan memperluas pemasaran daging kerbau beku impor ke seluruh daerah di Sulteng untuk memenuhi kebutuhan masyaraat dan menjamin stabilitas harga daging di pasaran.

“Untuk Bulog baru memiliki gudang dan peralatan pendingin daging beku di Kota Palu berkapasitas tujuh ton. Dari kapasitas itu, Bulog Sulteng baru mengisi enam ton daging beku yang didatangkan dari India, sehingga pemasarannya masih terbatas di Kota Palu saja,” ujarnya.

Harga daging sapi segar di pasaran lokal saat ini berkisar Rp110.000/kg. Harga daging sapi beku dijual di pasar modern Rp80.000/kg dan harga daging kerbau beku asal India dijual Bulog kepada konsumen Rp80.000/kg.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas