Home Palu

Dua SMP Laksanakan UNKP

229
Hj Ramlah M Siri. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Palu Hj Ramlah M Siri mengungkapkan, jika tahun lalu masih ada beberapa Sekolah Menegah Pertama (SMP) yang belum melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), namun tahun ini, hampir semua SMP di Palu melaksanakan UNBK.

“Insya Allah tahun ini hampir semua SMP sudah melaksanakan UNBK. Alhamdulillah sesuai laporan ke MKKS SMP, hampir semua sekolah sudah menyatakan siap UNBK,” ungkap Ramlah belum lama ini.

Ramlah mengungkapkan, hanya dua sekolah yang belum melaksanakan UNBK, yakni SMP Negeri 3 Palu dan SMP Negeri 18 Palu. Hal itu dikarenakan ruangan kelas yang kurang memadai untuk digunakan UNBK. Dua sekolah ini mungkin masih Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Meskipun pasca gempa, kata Ramlah, kesiapan para kepala sekolah menyelenggarakan UNBK cukup meningkat.

“Yang tidak melaksanakan UNBK seperti SMPN 3 Palu ini mungkin karena ruangannya banyak rusak atau roboh pada waktu gempa lalu, sehingga sekolah tersebut tidak UNBK. Meskipun mendapatkan kelas darurat, tetapi tidak memungkinkan bisa dijadikan sebagai tempat UNBK,” katanya.

Tetapi kata Ramlah, kedua sekolah ini akan berusaha pada tahun depan akan menyelenggarakan UNBK.

“Yang jelas hampir semua SMP menyatakan siap UNBK, baik itu swasta maupun negeri. Pelaksanaan UNBK tahun ini menurut saya cukup meningkat di banding tahun sebelumnya, hal ini juga berkat bantuan Pemerintah Kota Palu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, dengan mengadakan komputer kepada sejumlah SMP, menunjang penyelenggaraan UNBK,” ujarnya.

Ramlah berharap, pelaksanaan UNBK tahun ini berjalan dengan lancar dan tanpa kendala, seperti ganguan listrik dan jaringan internet saat hari H pelaksanaan UNBK April mendatang.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas