Home Palu

Taspen Pengelola JKK dan JKM

244
Hendra. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Pegawai yang bekerja pada penyelenggara negara mendapatkan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). JKK dan JKM penyelenggara negara dikelola oleh PT Taspen (Persero).

Pimpinan PT Taspen (Persero) Cabang Palu, Hendra menjelaskan pemerintah sudah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 70 tahun 2015 tentang Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara.

“Terdiri dari calon PNS, PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan di Pasal 7 nya peserta sebagaimana dimaksud dalam pasal 4 merupakan peserta JKK dan JKM yang dikelola oleh PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero),” jelas Henra saat ditemui Metrosulawesi baru-baru ini.

Kata dia, pada 2018, pemerintah juga telah mengeluarkan PP Nomor 49 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja dimana pada pasal 99 ayat (3) menyatakan bahwa Pegawai Non–PNS diberikan perlindungan berupa Jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja dan Jaminan Kematian sebagaimana berlaku bagi PPPK.

“Yang dimaksud pegawai non-PNS dan non-PPPK antara lain: pegawai yang saat ini dikenal dengan sebutan tenaga honorer atau sebutan lain,” ucap Hendra.

Hendra melanjutkan pada intinya pengelola jaminan sosial bagi CPNS, PNS, PPPK, Non-PNS dan Non-PPPK serta tenaga honorer atau sebutan lainnya yang bekerja pada penyelenggara Negara adalah PT Taspen (Persero).

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas