Home Sulteng

Kemenag di Daerah Wajib Punya PTSP

285
FOTO BERSAMA - Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sulteng H Kiflin saat foto bersama usai menerima kunjungan dari Kemenag Kab Poso, pada Jumat, 25 Januari 2019. (Foto: Humas Kanwil Kemenag Sulteng)

Palu, Metrosulawesi.id – Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, Jumat pekan lalu menerima kunjungan Tim PTSP Kemenag Kabupaten Poso. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag Sulteng H Kiflin, didampingi Kepala Subbag Umum, Ratna Muthmainnah.

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sulteng, H Kiflin mengungkapkan, dasar pelaksanaan PTSP ini merupakan amanat Peraturan Menteri Agama (PMA) 65 tahun 2016 tentang Pelayanan Terpadu Kementerian Agama.

“Saat ini PTSP Kementerian Agama telah hadir di 33 Provinsi, dan Sulawesi Tengah merupakan PTSP ke 10 yang diresmikan pada 17 September 2018 oleh Menteri Agama,” kata Kiflin.

Kiflin menegaskan, PTSP ini wajib dilaksanakan di semua Kementerian Agama. Olehnya itu diharapkan 2019 seluruh Kemenag kab/kota se-Indonesia harus membentuk PTSP.

“Kantor Kemenag Poso adalah Kemenag pertama yang datang kunjungan ke PTSP ini. Kami harapkan dapat menjadi perhatian untuk melaksanakan PTSP di Kemenag Kabupaten Poso,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Subbag Umum, Ratna Muthmainnah mengungkapkan, secara rinci proses pelaksanaan PTSP ini berkaitan erat dengan sistem aplikasi. Kata dia, keunggulan PTSP Kanwil Kemenag Sulteng adalah aplikasi online.

“Pelayanan PTSP di Kemenag Sulteng sejauh ini telah berjalan dengan baik, walaupun pasca musibah 28 September lalu. Kami berharap PTSP Kanwil Kemenag Sulteng lebih meningkat lagi pelayanannya, sebab pelayanan di PTSP kami saat ini masih bertahap,” tuturnya.

Kepala Subbag TU Kemenag Kab Poso, Hj. Siti Nurnaimah mengatakan kunjungan ini bertujuan untuk studi pelaksanaan PTSP.

“Kunjungan tersebut terinspirasi dari kunjungan Kakanwil Kemenag Sulteng ke Poso beberapa waktu lalu. Ada sebuah saran dari Kakanwil untuk Kemenag Poso yakni agar di kantor kami dibuatkan front office atau PTSP, agar pelayanan kepada masyarakat di Poso lebih baik lagi,” ungkapnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas