SERAHKAN PIAGAM - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng Zulkifli saat menyerahkan piagam penghargaan ke Kepala Kantor Imigrasi Klas II Palu Suparman usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke 69 di Palu, Senin, 28 Januari 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulteng Zulkifli mengajak jajaran Imigrasi Palu meningkatkan citra positif yang telah terbangun selama ini.

“Seluruh jajaran Imigrasi harus bersama-sama meningkatkan citra positif keimigrasian,” ujar Zulkifli saat bertindak sebagai inspektur upacara puncak peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke 69 di Palu, Senin, 28 Januari 2019.

Dia mengatakan citra positif tersebut bisa ditingkatkan melalui Sisitim Informasi Menajemen Keimigrasian (Simkim), optimalisasi pengawasan keimigrasian melalui peran kerja Tim Pora, melakukan penagakan hukum keimigrasian yang tepat sasaran, meningkatan kualitas layanan paspor elektronik dan pengolahan data Anak Berkewarganegaraan Ganda (ABG).

Kemudian meningkatan status 4 unit pelaksana teknis yang telah meraih WBK menjadi WBBM dan menargetkan 1 unit pelaksana teknis keimigrasian di masing-masing kantor wilayah untuk mendapatkan status WBK yang baru.

Zulkifli mengatakan seiring perkembangan zaman menjadikan tugas dan fungsi jajaran Imigrasi menjadi semakin strategis dan penting, khususnya dalam hal menjaga stabilitas keamanan negara dari potensi gangguan asing.

“Tahun 2019 menjadi tahun terakhir RPJMN 2015-2019, sekaligus tahun awal persiapan jelang RPJMN 2020-2024. Tahun 2019 adalah tahun politik yang harus kita sikapi secara bijak dan optimis untuk menyelesaikan target-target yang menjadi tanggung jawab jajaran Imigrasi secara tuntas dan berkualitas,” ucapnya.

Kakanwil menambahkan peringatan hari bahkti Imigrasi bukan sekedar kegiatan rutin dan seremonial belaka, akan tetapi merupakan sebuah momentum untuk instropeksi sejauh mana pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian serta sejauh mana kemampuan jajarannya menghadapi tantangan merespon kebutuhan masyarakat.

“Selamat Hari Bhakti Imigrasi ke-69 bagi seluruh insan Imigrasi dimanapun bertugas. Ingatlah bahwa kedaulatan negara berada dipundak kalian. Jadilah penjaga pintu gerbang negara yang selalu menjaga kedaulatan dengan penuh keihklasan. Ingat pergunakan waktumu sebagai insan Imigrasi untuk berbuat lebih baik dengan cara bekerja, bekerja lebih keras, dan bekerja lebih keras lagi. Ingatlah bahwa hidup ini layaknya waktu yang terus berjalan, dan takakan pernah bisa kembali lagi, jadi gunakanlah waktumu sebaik mungkin,” tandas Zulkifli.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas