Home Sulteng

Disperindag Jamin Stabilitas Harga Jelang Imlek

227
Zainudin Hak. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Tengah menjamin stabilitas harga kebutuhan bahan pokok di pasar menjelang tahun baru Imlek 2019. Kepala Bidang Perdagangan dalam Negeri dan perlindungan konsumen Disperindag Sulteng, Zainudin Hak mengatakan pihaknya bersama instansi terkait akan lebih gencar melakukan pengawasan, agar tidak ada kenaikan harga yang signifikan.

“Kita akan terus melakukan pengawasan, bersinergi dengan instansi terkait di kabupaten/kota dan para distributor untuk tidak menaikkan harga diatas ketetapan. Tujuannya agar menjelang imlek masyarakat merasa lebih nyaman dan aman jika harga tidak melonjak naik,” ungkapnya saat ditemui dikantornya, Senin, 28 Januari.

Terkait jelang perayaan Imlek, ia juga mengimbau kepada pedagang maupun distributor tidak memanfaatkan situasi, karena pihaknya terus berkoordinasi bersama pedagang eceran, distributor, steak holders, dan dinas terkait.

“Besok (hari ini-red), kami akan mengadakan pasar murah di lapangan sepak bola Kelurahan Nunu Kecamatan Tatanga selama dua hari terhitung 29-30 Januari 2019,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya akan mengadakan evaluasi terkait pasar beras bulog dan persiapan menghadapi imlek. Sementara itu, ia berharap semua berjalan aman.

Disinggung mengenai harga semen saat ini, mengingat harga semen sempat mengalami kenaikan yang sempat melonjak pesat diatas HET ( Harga Eceran Tertinggi) pascabencana. Ia menjelaskan pihaknya bersama TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah), akan terus melakukan kordinasi agar kejadian tersebut tidak terulang.

“Di pasar murah kami juga mengundang para distributor semen. Harga semen sekitar Rp63 ribu yang dijual di pasar murah berbagai merek. Untuk pengecer menjual diatas HET sekitar Rp65 ribu ke atas,” pungkasnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas