Home Olahraga

AFP Sulteng Gelar Kursus Wasit dan Pelatih Level Nasional

444
Sekretaris Asosiasi Futsal Provinsi Sulawesi Tengah, Syamsuddin. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Asosiasi Futsal Provinsi Sulawesi Tengah akan menyelenggarakan kursus wasit dan pelatih level nasional di Kota Palu akhir Februari hingga awal Maret 2019 mendatang. Untuk kursus wasit level 2 dan 3 akan berlangsung 25 Februari hingga 2 Maret 2019, sedangkan untuk kursus pelatih level 1 nasional akan berlangsung 3-7 Maret 2019.

Sekretaris Asosiasi Futsal Provinsi Sulawesi Tengah, Syamsuddin, Minggu, 27 Januari 2019, mengatakan, kursus wasit maupun pelatih level 1 nasional memang sudah menjadi program kerja AFP Sulawesi Tengah. Untuk kursus pelatih level 1 nasional merupakan kali kedua, sedangkan untuk wasit level 2 dan 3 sudah kali ketiga.

‘’Jadi ini merupakan program tahunan kita di AFP. Alhamdulillah selama ini berjalan sukses dan diminati banyak peserta, bukan hanya dari Sulteng tapi juga dari luar Sulteng,’’tandasnya.

Untuk instruktur wasit maupun pelatih, Syamsuddin mengaku sudah berkoordinasi dengan pengurus Federasi Futsal Indonesia (FFI) maupun instrukturnya sendiri. Untuk instruktur wasit level 2 dan 3 akan menghadirkan Ahmad Suparman, sedangkan untuk instruktur pelatih akan menghadirkan mantan pelatih timnas futsal, Andre Irawan. Sebelunya, AFP Sulteng juga menghadirkan pelatih Panca Pauji, pelatih yang membawa Jawa Barat meraih medali emas di PON XIX Tahun 2016 lalu.

Untuk pendaftaran kursus tersebut, Syamsuddin menyebutkan, pihak panitia sudah membuka pendaftaran mulai 25 Januari 2019 lalu dan telah menyebarkan undangan secara terbuka, baik langsung kepada pengurus Asosiasi Futsal Kabupaten maupun Kota di Sulawesi Tengah serta melalui media sosial. Ia berharap peserta kursus tahun ini bisa menyamai bahkan melebihi peserta tahun-tahun sebelumnya.
Ia menambahkan kursus wasit maupun pelatih level 1 nasional kali ini cukup penting khususnya pengurus Afkab dan Afkot di Sulawesi Tengah. Terlebih, bulan April 2019 mendatang akan berlangsung Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII di Parigi Moutong.

“Kita harapkan semua kabupaten yang ikut dalam cabor futsal itu dilatih oleh pelatih berlisensi level 1 nasional. Makanya kita harapkan semua pengurus Afkab maupun Afkot mengutus anggotanya untuk ikut kursus kali ini.”

Reporter: Eddy
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas