Home Palu

SMP Al Azhar Sabet Perunggu OLGENAS

FOTO BERSAMA - Dua pelajar SMP Al Azhar Mandiri Palu Fajri Szarian (12) dan Muhammad Yusuf Zaky (12, saat foto bersama dengan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Ari Pratama, di ruang kantor, Jumat, 25 Januari 2019. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Dua pelajar SMP Al Azhar Mandiri Palu berhasil meraih medali perunggu di ajang Olimpiade Geografi Nasional (OLGENAS) yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, 14 Januari 2019.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP Al Azhar Mandiri Palu, Ari Pratama mengungkapkan pihaknya sangat bersyukur atas prestasi yang diraih oleh dua siswa peraih medali perunggu tersebut, yakni Fajri Szarian (12) dan Muhammad Yusuf Zaky (12).

“Apalagi kedua siswa ini masih duduk di bangku kelas VII, yang baru sekitar enam bulan belajar di SMP Al Azhar. Bahkan salah satu diantara mereka ini, yakni Fajri Szarian sudah dua kali berangkat ke event nasional mengikuti lomba cerdas cermat kebudayaan, yang diadakan di Museum Nasional Jakarta,” jelas Ari di Palu, Jumat, 25 Januari 2019.

Ari mengaku sangat mengapresiasi kedua siswa tersebut, karena segala upaya pembimbingan yang diberikan kepada mereka berbuah manis.

“Pembimbingan kami kepada siswa sama seperti sekolah lainnya, tetapi kami lebih intensif dalam melakukan pembimbingan. Mereka ini juga masuk dalam kelompok IPS, sehingga dua pelajar ini fokus pada event-event yang berkategori IPS, seperti event geografi nasional, lomba cerdas cermat kebudayaan di museum, serta OSN yang dilaksanakan oleh Kemendikbud RI,” katanya.

Sehingga kata dia, pelajar di SMP Al Azhar ini sudah mempunyai persiapan menghadapi event-event nasional.

“Ini semua berkat dukungan dari sekolah dengan menyiapkan dana pembimbingan kepada guru pembinanya, sehingga guru termotivasi untuk membimbing muridnya meraih prestasi,” ungkapnya.

Ari berharap, kedua siswa ini dapat menjadi pribadi lebih baik kedepan, serta raihan prestasi itu dapat menjadi motivasi untuk meraih prestasi yang lebih tinggi.

“Dua pelajar ini adalah salah satu contoh yang berprestasi. Kami berharap mereka bisa menjadi contoh, agar teman-temannya dapat termotivasi mengembangkan prestasinya sendiri, karena diluar sana masih banyak even-even nasional,” katanya.

Sementara Muhammad Yusuf Zaky menjelaskan pada OLGENAS itu, tiap lomba dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama ujian tulis, kedua order learning (diluar ruangan), serta ketiga ujian mutimedia.

“Perolehan prestasi medali perunggu di ajang OLGENAS ini tidaklah mudah, sebab yang mengikuti kegiatan ini ribuan pelajar yang dibagi menjadi 53 tim. Namun berkat dukungan orang tua dan doa, kami berusaha meraih prestasi di ajang nasional tersebut,” ungkap Yusuf.

Kedua siswa ini mempunyai cita-cita yang cukup menarik, meskipun masih duduk di kelas 1. Muhammad Yusuf Zaky ingin menjadi pengusaha, sementara Fajri Szarian ingin menjadi arsitek.

“Kami berdua berharap cita-cita ini dapat terkabul,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas