Home Parigi Moutong

Air Laut Genangi Pemukiman, Warga Minta Tanggul Jebol Segera Diperbaiki

243
TERGENANG - Air laut menggenangi pemukiman warga Dusun 1 Desa Sausu Peore, Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong. (Foto: Zoel Fahry/ Metrosulawesi)

Parimo, Metrosulawesi.id – Air laut menggenangi pemukiman warga di Dusun 1 Desa Sausu Peore Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong (Parimo). Kondisi itu terjadi sejak 20 Januari 2019 hingga 23 Januari 2019.

Sejak air laut menggenangi pemukiman warga hingga Rabu 23 Januari 2019 sekitar 19.30 Wita, belum ada pihak pemerintah desa meninjau keadaan warga Dusun 1 Desa Piore.

Seorang warga setempat kepada sejumlah wartawan mengatakan, masuknya air laut di rumah warga disebabkan jebolnya tanggul yang berada di pesisir pantai.

“Pembuatan tanggul tersebut dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat Dusun 1 Desa Piore, karena tanggul itu hanya dibuat dari karung diisi pasir dan sudah beberapa kali jebol. Untuk itu kami berharap pada pemerintah desa agar memperhatikan kami warga Dusun 1 dengan jumlah 103 KK ini, agar segera melakukan perbaikan pada tanggul tersebut,” harapnya.

Dia mengatakan, persoalan yang terjadi sejak lama ini tidak mendapatkan respons dari pemerintah desa. Akibatnya masyarakat merasakan dampaknya. Karena kesulitan mengeluarkan air dari dalam rumah.

“Karena tidak ada respons dari pemerintah desa sampai saat ini, kami warga dusun 1 mengumpulkan uang Rp50 ribu per KK. Selain itu juga kami sempat menyewa alat berat saat proses pembuatan tanggul pada saat itu. Namun karena tanggul tersebut hanya dikerjakan secara swadaya oleh warga maka tanggul itu jebol lagi,” ungkapnya.

Keinginan masyarakat setempat adalah dibuat tanggul yang paten, agar kondisi serupa tidak terjadi lagi.

“Karena hanya itu yang menjadi masalah besar, setiap bulan kami warga dusun 1 Desa Sausu Peore selalu merasakan dampaknya,” tegasnya.

Kades Sausu Peore Ismail saat hendak dikonfirmasi sedang tidak berada di kediamannya.

“Bapak (kades) ada keluar tadi. Saya tidak tau dia kemana,”kata seorang perempuan di rumah kades.

Reporter: Zoel Fahry
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas