Home Sulteng

4.340 Korban Bencana Bakal Dapat Santunan

260
H Ridwan Mumu. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 4.340 korban meninggal dunia dan hilang atas bencana yang melanda Kota Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong dipastikan mendapat santunan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos).

“Datanya sudah di-acc bapak Wapres sesuai rekomendasi yang ditandatangani bapak gubernur tertanggal 8 Januari,” ungkap Kepala Dinas Sosial Sulteng H Ridwan Mumu di Palu, Senin, 21 Januari 2019.

Dia menerangkan data yang dikirimkan ke Kemensos bersumber dari Pusat Data Informasi Bencana (Pusdatina) yang diketuai oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Mohamad Hidayat.

Selain korban meninggal dunia dan hilang, Kemensos juga akan memberikan bantuan jaminan hidup kepada 72 jiwa korban bencana dan memberikan bantuan perlengkapan Hunian sementara (Huntara) berupa kompor gas, peralatan masak dan kasur/tempat tidur.

“Data-data yang dihimpun Pusdatina berdasarkan SK Bupati/Walikota Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong yang sudah diberikan kepada bapak gubernur,” terang Ridwan.

Mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng itu mengatakan pemberian santunan dan bantuan bagi korban terdampak bencana merupakan amanat Peraturan Menteri Sosial (Permensos) Nomor 4 Tahun 2015.
Santunan dan bantuan akan diberikan dengan sistem transfer bank kepada rekening penerima. Santunan diterima oleh ahli waris keluarga inti seperti istri atau suami, anak, adik atau kakak kandung.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas