Home Olahraga

Kongres PSSI Selesai, Tujuh Rekomendasi Awali Kerja Joko Driyono

196

Bali, Metrosulawesi.id – PSSI akhirnya secara resmi menyelesaikan Kongres 2019. Selain pengunduran diri Edy Rahmayadi sebagai Ketua Umum, ada beberapa keputusan yang didapat dari Kongres PSSI di Bali, Minggu (20/1). Salah satu keputusan yang dilahirkan dalam kongres yakni disetujuinya pembentukan  lembaga independen terkait dengan wasit profesional Liga 1 dan Liga 2.


Kongres tahunan PSSI yang digelar di Bali menyepakati jadwal Liga 1 dan Liga 2 digelar pada Mei 2019. PSSI merencanakan awal kompetisi liga pada tanggal 1 Mei. “Paling cepat pada 1 Mei paling lambat 8 Mei 2019,” kata PLT Ketua Umum PSSI Joko Driyono saat jumpa media seusai kongres PSSI.

 Pelaksanaan teknis liga akan terlebih dulu digodok oleh PT Liga Indonesia Baru. Joko Driyono juga menerangkan penyelenggaraan Liga 2 akan menyusul dua pekan setelah Liga 1.

 PT Liga Indonesia Baru akan segera melakukan rapat pemegang saham terkait pelaksanaan liga. “Waktunya dua minggu dari sekarang,” ujarnya yang merupakan pemegang saham mayoritas Klub Persija.

Selain itu, Komite Eksekutif (Exco) PSSI juga telah sepakat Piala Presiden dan Piala Indonesia digelar antara Januari hingga April. “Saat ini masih melakukan penyesuaian jadwal,” ujarnya.

Beberapa pemilik klub sempat menyatakan keresahannya karena belum ada jadwal liga. Presiden Klub Borneo FC Nabil Husein Said mengatakan dengan jadwal kompetisi yang tidak jelas pihaknya merasa dirugikan. “Biaya tidak kecil untuk memanggil pemain,” ujarnya. Nabil Husein Said yang menginginkan jadwal liga jelas.

Berikut hasil Kongres PSSI 2019:

  1. Kongres setuju dengan laporan aktivitas dan laporan keuangan PSSI. 
    2. Kongres mendengarkan paparan progam PSSI 2019 sekaligus anggarannya.
    3. Pencapaian LIB dan FFI untuk aktivitas 2018 maupun program 2018.
    4. Keputusan Exco terbentuknya Komite Ad Hoc. Dari sisi struktur dipimpin Ahmad Riyadh dan Azwan Karim dalam waktu seminggu ke depan akan ada lima anggota.
    5. Tugas fokus jaga integritas sepak bola dan dinamika saat ini untuk memerangi pengaturan skor.
    6. Kongres menyetujui terbentuknya lembaga independen terkait dengan wasit profesional Liga 1 dan Liga 2.
    7. Exco ingin pada 2019 menyatukan tekad kembali karena tantangannya tak mudah.(*)

Ayo tulis komentar cerdas