Home Sulteng

Recovery Cepat, TdCC Bisa Dihelat 2020

275
SAMBUTAN - Gubernur Sulteng H Longki Djanggola saat menyampaikan sambutan dihadapan rombongan Komisi X DPR RI di Palu, Kamis, 17 Januari 2019. (Foto: Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik ke Palu, Provinsi Sulteng, Kamis, 17 Januari 2019. Rombongan Komisi X DPR RI diterima Gubernur Sulteng H Longki Djanggola.

Ketua Tim Hettifa menjelaskan sebelum bertemu gubernur, Komisi X DPR RI telah melakukan peninjauan ke beberapa lokasi yang terdampak bencana di Sulteng. Data yang diperoleh akan jadi bahan tindak lanjut dalam rangka percepatan pemulihan.

“Kami melihat begitu banyak kemajuan dan respon yang luar biasa cepat pemulihan dampak bencana,” ucap Heffita.

Sementara itu, Gubernur Longki menitip harapan agar recovery Sulteng bisa dipercepat. Alasannya, bila recovery bisa dikebut, memungkinkan Sulteng menggelar lagi balap sepeda Tour de Central Celebes (TdCC) pada 2020 mendatang.

“Kalau boleh recovery-nya satu tahun saja bu karena TdCC sudah masuk agenda UCI (Union Cycliste Internationale/Uni Sepeda Internasional),” ujar Longki.

Diakui gubernur, selain berdampak ke pariwisata, pendidikan juga tidak luput mengalami dampak serupa dengan rusaknya bangunan sekolah, kampus dan jatuhnya korban jiwa baik dari pelajar, mahasiswa, guru, dosen dan staf pendidikan lainnya.

Adanya ketentuan UU yang mengatur infrastruktur rusak berat direhab oleh PUPR, sementara Kementerian Pendidikan hanya dibolehkan merehab yang rusak ringan maupun sedang, dikhawatirkan gubernur jadi sandungan yang membuat saling tunggu antar dua kementerian dan justru akan memperlambat recovery pendidikan di Sulteng. Olehnya, ia berharap Komisi X DPR RI mengawalnya dipusat agar recovery Sulteng tidak mengalami keterlambatan.

“Inilah saran kami, mudah-mudahan bisa disahuti,” pungkas Longki.

Turut hadir dalam pertemuan, Anggota DPRD Sulteng Ismail Yunus, Asisten Administrasi Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Bunga Elim Somba, Kadis Dikbud Irwan Lahace, Kadis Pariwisata, Karo Humas Protokol Moh Haris, Perwakilan LPMP, Untad dan IAIN Palu, serta perwakilan Kemendikbud dan Kemenpar RI.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas