Home Sulteng

Forkom KBI Bantu Sulteng Rp500 Juta

316
BANTUAN - Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Mohamad Hidayat Lamakarate foto bersama pengurus Forkom KBI usai menerima bantuan dana sebesar Rp500 juta di Palu, Kamis, 17 Januari 2019. (Foto: Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.id – Bantuan kepedulian terhadap bencana di Sulteng, masih terus berdatangan. Terbaru diberikan Forum Komunikasi Koperasi Besar Indonesia (Forkom KBI) berupa bantuan dana sebesar Rp500 juta.

Bantuan tersebut diserahkan Koordinator Forkom KBI Irsyad Muchtar kepada Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Mohamad Hidayat Lamakarate di Palu, Kamis, 17 Januari 2019. Irsyad mengatakan meski agak terlambat, bantuan yang diberikan merupakan wujud kepedulian kepada masyarakat korban bencana di Palu, Sigi dan Donggala.

“Kami dari koperasi-koperasi besar di Indonesia, berkumpul dan ikut bersimpati atas musibah gempa di Sulteng. Sebenarnya kami dari awal pascamusibah akan menyerahkan bantuan, tetapi pada waktu itu informasi yang kami terima masih chaos, kami menunggu waktu tenang sambil mengumpulkan teman-teman. Kami tidak semua bisa hadir disini, semoga kami bisa mewakili teman-teman,” ujarnya.

Irsyad menambahkan Forkom KBI yang berjumlah 150 koperasi mempercayakan bantuan melalui Ulil Amri (pemimpin) di daerah ini, yang salah satunya adalah Sekprov Mohamad Hidayat.

“Bantuan ini kami serahkan dan percayakan secara langsung melalui ulil amri karena bapak Sekprov merupakan salah satu Ulil Amri di wilayah ini,” tandasnya.

Sekprov atas nama gubernur mengucapkan terimakasih atas bantuan dan dukungan yang diberikan Forkom KBI.
“Tidak ada kata terlambat dalam hal memberikan bantuan, karena sampai saat ini pemerintah masih terus menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana,” ucap Hidayat.

Hidayat dalam kesempatannya menjelaskan kondisi dan progres penananganan pascabencana saat ini. Dia mengungkapkan pihaknya sedang fokus ke hunian sementara untuk para korban. Selain itu, pemerintah juga berupaya mendorong bantuan dana cash melalui lembaga terkait untuk modal usaha.

“Kami telah melakukan pendataan terhadap masyarakat yang memiliki usaha yang sampai saat ini belum bisa menjalankan kembali usahanya akibat rumahnya rusak dan sudah tak memiliki modal usaha ataupun barang barang penunjang usahanya hilang pascagempa,” ungkap Hidayat.

Perwakilan Forkom KBI yang hadir yakni Ketua Pengurus Koperasi Sejahtera Bersama Iwan Setiawan, Ketua Pengurus Kospin Jasa Andy Arslan Djunaid, Pengurus Mandiri Hate Care Yasguna, Ketua Pengurus Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia Kamaruddin Batubara, Yuni Direktur PT Berka Dua Misi, dan Ketua Koperasi Bersama Bogor.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas