Home Parigi Moutong

Dua Parpol Terbanyak Pelanggaran APK

310
Hj Fatmawati. (Foto: Ist)

Parimo, Metrosulawesi.id – Hasil rekapitulasi pengawasan terhadap alat peraga kampanye (APK) oleh Bawaslu Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), telah diketahui bahwa partai Gerindra dan Golkar terbanyak pelanggaran APK. Dari total 191 APK yang ditertibkan, Gerindra menempati posisi teratas yakni sebanyak 42 dan Golkar 19.

“APK terbanyak yang ditertibkan adalah partai Gerindra. Jika ditertibkan berarti itu melanggar,” ungkap Divisi pengawasan, pencegahan dan hubungan antar lembaga, Bawaslu Parimo, Hj Fatmawati, pada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Jumat 18 Januari 2019.

Lanjut dia, bahwa pemasangan APK tersebut banyak ditemukan di sejumlah tempat yang dilarang di antaranya ditemukan di pohon, di tempat fasilitas umum, di fasilitas pemerintah, sekolah dan kantor desa. Selain itu, ditemukan juga di tempat ibadah.

“Ada APK Paslon ditemukan dipasang di pagar gereja. Ada baliho dan ada juga spanduk,”tuturnya.

Fatma sapaan akrabnya juga mengatakan, demikian juga pelanggaran pada bahan kampanye, masih terbanyak oleh partai Gerindra. Dari total 93 yang melanggar, Gerindra sebanyak 66 bahan kampanye yang melanggar. “Pelanggaran banyak ditemukan di pohon, tiang listrik, jembatan, di tempat fasilitas umum,”katanya.

Fatma menjelaskan, bahwa untuk menindaklanjuti pelanggaran tersebut Bawaslu Parimo, memberikan surat pemberitahuan kepada parpol untuk menertibkan APK yang melanggar. Setelah menyurat mereka menempelkan stiker di APK bertuliskan melanggar.

“Kami tunggu sampai tiga hari. Jika parpolnya tidak menertibkan APK-nya, maka kami akan berkoordinasi dengan Satpol untuk ditertibkan,”tegasnya.

Ia menambahkan, bahwa jenis pelanggaran lain yang juga ditemukan adalah penggunaan logo KPU. “Karena tidak dibenarkan dalam sosialisasi parpol itu menggunakan logo selain logo parpol. Dan Itu juga akan kami tertibkan,” pungkasnya.

Reporter: Zoel Fahry
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas