Home Parigi Moutong

Warga Jononunu Buang Limbah ke IPAL

277
IPAL - Masyarakat Desa Jononunu kini membuang limbahnya ke IPAL. (Foto: Zoel Fahry/ Metrosulawesi)

Parimo, Metrosulawesi.id – Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Desa Jononunu Kecamatan Parigi Tengah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) telah difungsikan.

Kepala Desa Jononunu Udin kepada Metrosulawesi di ruang kerjanya, Rabu 16 Januari 2019 mengatakan, Ipal tersebut dapat mengkafer 70 Kepala Keluarga (KK) Desa Jononunu, tetapi saat ini masih mengkafer 40 KK.

Menurut udin, dengan program Ipal ini salah satu sisi positif dari kesehatan masyarakat, dimana limbah tersebut tidak lagi tercemar di masyarakat, terutama di pekarangan masyarakat yang lain.

“Pada awalnya sebelum ada program sanimas atau dengan kata lainnya Ipal, semua limbah masyarakat itu, terutama limbah cuci piring dan limbah saat mandi itu tercemar, kadang-kadang tercemar ke pekarangan masyarakat lain, sehingga dengan adanya program ini alhamdulillah semua sudah terantisipasi, semua limbah masyarakat itu sudah bermuara ke Ipal yang sudah ada saat ini,” tutur Udin.

“Awalnya masyarakat kami belum mengetahui apa manfaat dari Ipal tersebut, sehingga setelah kami sebagai Pemerintah Desa Jononunu menjelaskan kepada mereka apa fungsi dari Ipal tersebut, masyarakat dapat menerima dan saat ini ada beberapa masyarakat itu ingin mendaftar, untuk menyambungkan salurannya ke jaringan Ipal tersebut,” jelasnya.

Dai menambahkan, pihaknya saat berkoordinasi dengan Dinas PUPRP Kabupaten Parimo dalam hal ini bidang Cipta Karya, mereka sangat merespons untuk segera membangunkan lagi satu bangunan Ipal di Desa Jononunu.

“Mereka tinggal menunggu kebutuhan masyarakat, apakah betul masyarakat Jononunu itu, khususnya masyarakat wilayah Dusun II, membutuhkan pembangunan Ipal, karena pihak Dinas PUPRP provinsi maupun kabupaten tinggal menunggu usulan dari desa kami,” pungkasnya.

Reporter: Zoel Fahry
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas