TINJAU HUNTARA - Gubernur H Longki Djanggola didampingi Sekretaris Daerah Kota Palu dan pejabat terkait meninjau Huntara di Gawalise, Selasa, 15 Januari. (Foto: Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng H Longki Djanggola menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan penyelesaian pembangunan Hunian sementara (Huntara) bagi korban terdampak bencana di daerahnya.

“Saya minta maaf karena pembangunan Huntara yang ditargetkan selesai 31 Desember tapi meleset,” ucap Longki saat pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Donggala terpilih periode 2019-2024, Kasman Lassa-Moh Yasin di Gedung Pogombo di Palu, Rabu, 16 Januari 2019.

Gubernur menjelaskan keterlambatan tersebut akibat kelangkaan material bangunan untuk pembangunan Huntara. Namun sebagian masyarakat kata dia telah dipindahkan memasuki Huntara yang telah selesai dibangun.

“Sudah ada ratusan masyarakat yang masuk ke Huntara di Kota Palu. Khusus di Kabupaten Sigi, mungkin sudah ribuan, tapi Huntara yang dibangunkan NGO, perbankan, LSM dan masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, gubernur kembali melakukan peresmian pemanfaatan Huntara di Gawalise, Selasa, 15 Januari. Kepala Satgas PUPR Arie Sutiadi menyampaikan Huntara yang ada di Gawalise yang sudah siap Huni tersisa sebanyak 192 bilik atau bisa dihuni sebanyak 192 KK. Arie mengharapkan agar setiap Huntara yang sudah selesai dibangun kiranya dapat segera di huni agar dianalisa kebutuhan Huntara yang akan dibangun kedepan.

Gubernur dalam kesempatan itu berharap agar dapat dilakukan percepatan pembangunan Huntara sesuai kebutuhan. Gubernur juga mengharapkan kepada Walikota Palu dan jajarannya agar dapat segera merelokasi masyarakat masuk mengisi seluruh Huntara yang sudah siap Huni.

“Saya minta kepada masyarakat agar Huntara tidak jadi kos-kosan atau disewakan. Saya mengharamkan kalau ada terjadi hal seperti itu. Lurah harus memastikan benar siapa yang menghuni Huntara,” tandas gubernur.

Gubernur tutrut didampingi Sekretaris Daerah Kota Palu, Kepala BPBD , Kadis Sosial, Kadis Perkimtan, Kadis Bina Marga serta Karo Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas