PELANTIKAN - Gubernur H Longki Djanggola saat melantik Bupati dan Wakil Bupati Donggala terpilih periode 2019-2024, Kasman Lassa-Moh Yasin di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulteng, Rabu, 16 Januari 2019. (Foto: Eddy/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur H Longki Djanggola melantik Bupati dan Wakil Bupati Donggala terpilih periode 2019-2024, Kasman Lassa-Moh Yasin di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulteng, Rabu, 16 Januari 2019.

Gubernur berpesan kepada Kasman-Yasin agar saling menghargai dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Donggala. Longki tidak ingin polemik periode kepemimpinan Kasman-Vera terulang.

“Mudah-mudahan Bupati Donggala dengan wakilnya yang baru ini tidak ada lagi cerita-cerita seperti yang dulu. Saya kira cerita yang dulu semua masyarakat Sulawesi Tengah tahu itu karena begitu hebatnya media sosial dan koran. Apa yang bunyi di Kabupaten Donggala sampai Banggai Laut tahu, kalau pak Kasman dengan wakilnya dahulu ada pertentangan. Insya Allah, kedepan contoh seperti itu tidak terjadi lagi di Kabupaten Donggala,” ujar Longki.

Dia mengatakan kunci kesuksesan dalam suatu kepemimpinan sangat sederhana, cukup dengan saling menghargai. Hal itu sudah dibuktikan Longki saat mulai memimpin sebagai bupati di Parigi Moutong, dilanjutkan sebagai gubernur Sulteng.

“Marilah kepada kedua beliau ini yang kebetulan adik-adik saya, saling menghargailah kalian berdua, saling menghormati, saling memberikan masukan dan saling menegur sapa, apabila ada hal-hal yang mungkin kurang berkenan. Jangan disimpan dalam hati kalau ada hal-hal yang tidak sependapat, sampaikan walaupun itu pahit, karena apabila itu disimpan dalam hati suatu waktu akan meledak. Dan kalau sudah meledak, pasti hilang kontrol dan pasti akan terjadi sesuatu yang tidak kita harapkan,” ucap gubernur.

Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Donggala berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri Nomor 131.72-8808 dan 132.72-8808 tertanggal 28 Desember 2018. Pelantikan Kasman Lassa, sebagai Bupati Donggala merupakan yang kedua kalinya setelah pada periode sebelumnya berpasangan dengan Vera Laruni.

Vera sendiri tidak terlihat hadir dalam pelantikan Kasman-Yasin, namun melalui akun Facebook-nya ia menyampaikan ucapan selamat dan berharap kepemimpinan Kasman periode kedua bisa lebih baik.

“Puji syukur dan alhamdulillah, hari ini saya kembali menjadi rakyat biasa dan mengucapkan salamat kepada bupati terpilih pak Kasman dan Yasin. Semoga 5 tahun kedepan dapat membawa Kabupaten Donggala menjadi lebih baik. Kepada masyarakat Kabupaten Donggala, marilah kita bersatu, bahu-membahu bekerjasama membantu bupati terpilih Kasman-Yasin agar dapat menjalanakan visi-misinya degan baik. Amin,” tulis Vera.

Pelantikan turut dihadiri Pejabat yang mewakili Mendagri, Anggota Komisi VII DPR RI Ahmad M Ali, Ketua DPRD Sulteng-Donggala, Sekretaris Daerah Mohamad Hidayat, Forkopimda Sulteng dan Kabupaten Donggala serta Kepala OPD lingkup pemerintah provinsi dan Kabupaten Donggala.

Reporter: Michael Simanjuntak, Eddy
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas