Home Sulteng

Februari, Program Magang Dalam Negeri Dibuka

246
Fatnini. (Foto: Michael Simanjuntak/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemprov Sulteng melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) akan membuka program magang kerja dalam negeri. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pembinaan, Pelatihan, Perluasan, Penempatan dan Produktivitas Tenaga Kerja (P5TKA) Disnakertrans Sulteng Fatnini di Palu, Senin, 14 Januari 2019.

“Kemungkinan mulai Februari kami buka pendaftaran di kabupaten/kota. Pengumuman kami rencanakan akhir Januari ini,” ungkap Fatnini.

Dia menerangkan program magang dalam negeri bertujuan menyiapkan SDM siap kerja dan membuka usaha baru. Peserta akan mengikuti pemagangan selama lima bulan diberbagai perusahaan dalam negeri.

“Jadi nanti satu bulan teori, empat bulan praktik di perusahaan otomotif, konveksi, perhotelan dan sebagainya,” ucapnya.

Namun kuota yang dibuka dalam program magang kerja terbatas hanya untuk 150 orang saja. Kuota tersebut akan dibagi kebeberapa kabupaten dan Kota Palu, melalui seleksi sesuai kebutuhan.

Fatnini menambahkan program magang kerja sebagai upaya pemerintah dalam perluasan lapangan kerja. Peserta selama mengikuti pemagangan akan mendapat uang saku untuk tambahan keperluan sehari-sehari.

“Jadi nanti kalau ada yang kinerjanya bagus tidak menutup kemungkinan akan langsung direkrut perusahaan tempatnya magang,” tandas dia.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas