Home Sulteng

Masyarakat Diingatkan Taati Rambu Lalu Lintas

16
Alwin Bahar. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – PT Jasa Raharja Cabang Sulteng kembali mengingatkan masyarakat agar menaati rambu-rambu lalu lintas. Tujuannya untuk meminimalisir/menekan kecelakaan dalam berlalu lintas.

“Kita ingatkan masyarakat harus tetap patuh dan menaati rambu-rambu lalu lintas,” ucap Kepala Cabang Jasa Raharja Sulteng melalui Kanit Operasional dan Humas, Alwin Bahar, Rabu, 16 September 2020.

Dia mengatakan masa pandemi virus corona (Covid-19) saat ini, laporan kecelakaan lalu lintas (lakalantas) setiap hari diterima. Semakin miris, korban lakalantas masih didominasi usia produktif (muda).

Dalam upaya menekan lakalantas, selain mengingatkan masyarakat, Jasa Raharja kata Alwin, kembali akan memasang rambu-rambu lalu lintas bertuliskan imbauan untuk berhati-hati berkendara.

“Dalam tahun ini akan kami pasang di wilayah kabupaten/kota Sulawesi Tengah,” ujar Alwin.

Dikatakan, pengadaan rambu yang akan dipasang murni menggunakan anggaran PT Jasa Raharja. Hal ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan BUMN itu menekan angka lakalantas di Sulteng.

Diketahui, Jasa Raharja mengemban tugas perlindungan dasar bagi masyarakat korban lakalantas sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 33 Tahun 1964 Tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan UU Nomor 34 Tahun 1964 Tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Sesuai amanat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 15 tahun 2017 dan PMK Nomor 16/PMK.010/2017, bagi korban meninggal dunia, JR siap menyerahkan hak santunan duka sebesar Rp50 juta. Demikian pula untuk korban lakalantas dengan kondisi cacat tetap diberikan santunan sebesar Rp50 juta. Jika ada warga yang mengalami kecelakaan dan dibawa ke rumah sakit, maka korban dan keluarganya tidak perlu khawatir memikirkan biaya perawatan. Jasa Raharja akan menanggung biaya perawatan hingga Rp20 juta sesuai persyaratan dan ketentuan berlaku.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas