Home Morowali

852 Jiwa Warga Bente Terdampak Banjir

17
BANTUAN - Penyaluran bantuan untu warga Desa Bente terdampak banjir yang terjadi Minggu 13 September 2020 malam. (Foto: Metrosulawesi/ Murad Mangge)

Morowali, Metrosulawesi.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Morowali mencatat 852 jiwa beserta 100 unit bangunan yang terdampak banjir Desa Bente Kecamatan Bungku Tengah yang terjadi Minggu 13 September 2020 malam.

Kepala BPBD Morowali Ismail Rosuna menuturkan bahwa 852 jiwa itu terdiri dari usia bayi, balita sampai dengan usia lansia. Sedangkan bangunan meliputi rumah, kios/toko. Musibah banjir juga mengakibatkan 30 meter jalan rusak.

“Termasuk ada kebun dan kolam ikan. Puluhan ternak dan juga sandang (pakaian) terbawa banjir,”ungkap Ismail Rasuna diterima Metrosulawesi, Selasa 15 September 2020.

Ia menyebutkan, bahwa banjir lebih diakibatkan oleh hujan yang mengguyur menyebabkan Sungai Pomonaa Desa Bente meluap, naik hingga merendam lahan dan pemukiman warga. Pada Senin Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD dan Satuan Tugas (Satgas) BPBD Morowali beserta masyarakat telah meninjau lokasi titik terjadinya banjir di Dusun Kajukoo.

“Memberikan bantuan penanganan evakuasi kepada korban yang terdampak banjir menggunakan perahu fiber, untuk mengurangi dampak bencana pada korban,” sambung Ismail Rosuna.

Langkah- langkah lain yang dilakukan yakni melaporkan musibah kepada BPBD Provinsi Sulawesi Tengah, mendirikan Posko, menyalurkan bahan makanan pokok, dan pakaian. Rencana tindak lanjut atas peristiwa banjir itu, akan dilakukan normalisasi sungai Pomonaa Dusun Kajukoo Desa Bente, karena sudah mengalami pendangkalan.

Reporter: Murad Mangge
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas