Home Inspirasi

Raih Medali Perak di KM-MIPA PT se Indonesia

13
Zayyani Trianti Fatmasari. (Foto: Istimewa)

  • Zayyani Trianti Fatmasari, Alumni SMA Al-Azhar Mandiri Palu

Cantik, pintar dan berprestasi sudah menjadi keseharian gadis bernama lengkap Zayyani Trianti Fatmasari ini. Perempuan berjilbab ini, kembali meraih juara pada kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KM-MIPA) antar Perguruan Tinggi (PT) se Indonesia.

ZAYYANI adalah mahasiswa Prodi Kimia MIPA Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogjakarta. Pada tanggal 7 hingga 10 September 2020 lalu, perempuan yang dikenal sering meraih juara itu, mengikuti kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KM-MIPA) antar Perguruan Tinggi se Indonesia. Hasilnya cukup membanggakan, Zayyani berhasil meraih medali perak dari kompetisi yang digelar secara daring (virtual) itu.

Sebelum melanjutkan pendidikan sarjana di UGM, Zayyani adalah alumni SMA Al Azhar Mandiri Palu. Dia lulus tahun 2017 lalu. Informasi yang diperoleh Metrosulawesi, selama bersekolah, perempuan yang akrab disapa Sari ini, pernah meraih juara pertama pada Olimpiade Kimia Nasional (OKI) yang dilaksanakan oleh Universitas Islam Indonesia (UII) pada tahun 2015 lalu.

Ternyata gelar juara benar-benar sudah melekat pada diri Sari. Karena terbukti setahun kemudian, pada 2016, Sari kembali berhasil mendapatkan medali perunggu pada lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Kimia. Saat itu Sari tampil mewakili siswa SMA Sulawesi Tengah.

Selama kuliah di UGM pada 2019 lalu, Sari juga sempat mempersembahkan medali perak. Kala itu, Sari mewakili UGM pada Olimpiade Nasional MIPA antar Perguruan Tinggi se Indonesia. Semoga capaian Prestasi Zayyani dapat menularkan pada siswa dan mahasiswa lainnya di Sulawesi Tengah.

Sari merupakan putri ketiga dari pasangan Dr. Haerul Anam, SE., M. Si. (Dosen FEB Untad) dan Ir. Resti Lestarini (Staf Badan Lingkungan Hidup Sulteng). Menurut orang tua, Sari memang sangat tekun belajar sejak sekolah dasar. Sari menamatkan sekolah dasar-nya pada SDN Model Terpadu Madani dan SMP Al Azhar Palu.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas