Home Banggai Kepulauan

Longki Resmikan Puskesmas dan Pasar Rakyat di Bangkep

34
Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, didampingi Bupati Bangkep Rais D Adam, menekan tombol sebagai pertanda diresmikannya empat unit puskesmas dan pasar rakyat di Bangkep, Selasa (5/9/2020). (Foto: Metrosulawesi/ Rifan Touk)

Bangkep, Metrosulawesi.id Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Drs. H Longki Djanggola, M.Si, secara simbolis meresmikan empat unit  bangunan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan  serta lima unit pasar rakyat, di Banggai Kepulauan (Bangkep), Selasa (15/9/2020).  

Seromoni peresmian puskesmas dan pasar rakyat itu, dipusatkan di Desa Kanali–tepatnya di halaman depan Puskesmas Totikum Selatan.  

Dalam sambutannya, Longki menegaskan, pembangunan puskesmas dan pasar rakyat menjadi wujud komitmen pemerintah dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat.

“Fasilitas kesehatan dan pasar merupakan fasilitas layanan  publik untuk memenuhi standar pelayanan berkualitas kepada masyarakat” kata Longki

Longki menyebutkan, 20 miliar anggaran  yang dialokasikan untuk keempat bangunan puskesmas itu, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementrian Kesehatan tahun 2019. Sedangkan penambahan kelima bangunan pasar rakyat itu, bersumber dari Kementrian Perdagangan tahun 2019 dan Kementrian Koperasi dan UKM.

“Penekanan saya adalah bagaimana  upaya agar terus mengatasi Pepalis Stunting, serta kasus kematian ibu dan anak, karena salah satu kasus tertinggi terdapat di daerah ini” jelasnya.

Olehnya itu, Longki mengharapkan, penambahan bangunan pasar rakyat serta keempat bangunan puskesmas itu, diharapkan dapat berfungsi sebagai akselerator pertumbuhan ekonomi masyarakat dan kemajuan daerah.

“Juga tidak kalah pentingnya, semoga insan kesahatan yang ada di Bangkep dapat lebih inovatif dan termotivasi untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan” tukasnya. (*)

Reporter: Rifan Touk

Ayo tulis komentar cerdas