Home Politik

KPU Tetapkan DPS, Warga Bisa Cek

10
FOTO BERSAMA - Komisioner KPU Sulawesi Tengah foto bersama dengan perwakilan partai politik seusai rapat pleno rekapitulasi dan penetapan DPS di salah satu hotel di Palu, Selasa 15 September 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Syamsu Rizal)

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah melaksanakan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih sementara (DPS) di salah satu hotel di Palu, Selasa 15 September 2020.

Jumlah pemilih dalam daftar pemilih sementara (DPS) Sulawesi Tengah yang ditetapkan yakni 2.018.722 orang, terbanyak di Parigi Moutoung (294.847) dan terendah Banggai Laut 47.505. Data tersebut sebelumnya telah ditetapkan secara berjenjang hingga KPU kabupaten/kota.

Ketua KPU Sulawesi Tengah, Tanwir Lamaming mengatakan, jumlah tersebut masih bersifat sementara karena masih ada beberapa tahapan sampai penetapan daftar pemilih tetap (DPT).

Dia menjelaskan, DPS yang telah ditetapkan akan ditempel di tempat-tempat yang mudah diakses masyarakat seperti di kantor keluarahan/kantor desa. Tujuannya, agar masyarakat bisa mengecek namanya, apakah sudah terdaftar dalam DPS atau belum.

Masyarakat juga bisa mengecek namanya melalui nternet dengan mengakses www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

“Jika tidak ada namanya, segera lapor ke PPS,” katanya.

Dia menjelaskan, sebelum penetapan DPT, jajaran penyelenggara juga akan membuka tanggapan dan masukan masyarakat terhadap DPS. “Ada lagi nanti tanggapan dan masukan dari masyarakat dan uji publik,” kata Tanwir Lamaming ditemui seusai penetapan DPS.

Adapun uji publik, kata dia melibatkan stakeholder untuk memastikan data-data pemilih dalam DPS sebelum ditetapkan menjadi DPT. Setelah tahapan tanggapan dan masukan dari masyarakat dan uji publik, selanjutnya akan diperbaiki lagi dari tingkat kelurahan/desa kecamatan, KPU kabupaten/kota sampai tingkat KPU provinsi.

“Oktober penetapan DPT,” jelas Tanwir Lamaming.

Kkomisioner KPU Palu Idrus mengatakan, DPS akan diumumkan pada 19-28 September 2020 di kantor kelurahan. Adapun DPS yang ditetapkan untuk Kota Palu yakni sebanyak 257.548 orang.
Sementara itu, terkait pemilih di hunian tetap (huntap) Tondo, KPU Palu akan membangun satu TPS dengan jumlah DPS 241 orang.

“Ada satu, TPS 16 Kelurahan Tondo untuk pemilih yang ber-KTP Tondo,” kata Idrus.

Sedangkan bagi warga huntap Tondo yang ber-KTP di luar Kelurahan Tondo, sepetti Balaroa dan Petobo dan lainnya, pihaknya masih menunggu payung hukum dari KPU RI.

Beberapa hari lalu dua komisioner KPU RI telah mengunjungi huntap Tondo yakni Viryan Azis dan I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. Saat itu, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mendengarkan langsung masukan masyarakat di huntap Tondo yang masih ber-KTP di kelurahan asal.

“Kita menunggu payung hukumnya seperti apa dengan pelayanan memilih khususnya surat suara dan pindah memilih di huntap,” ujarnya.

Reporter: Syamsu Rizal
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas