Home Hukum & Kriminal

Pelaku Pembunuhan PSK di ‘Tondo Kiri’ Diringkus

87
Kapolres Palu, AKBP Riza Faisal SIK. (Foto : Metrosulawesi/ Djunaedi)

Palu, Metrosulawesi.id Upaya mengungkap dan menangkap pelaku pembunuhan seorang  tuna susila atau pekerja seks komersial di eks Lokalisasi Tondo, beberapa waktu lalu, akhirnya membuahkan hasil. Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Palu, menangkap seorang warga Kelurahan Mamboro, yang diduga  pelaku pembunuhan, Minggu (13/9/2020).

Kapolres Palu,  AKBP Riza Faisal SIK, kepada   Metrosulawesi.id, Senin (14/0/2020),  membenarkan penangkapan  pelaku pembunuhan seorang pekerja seks komersial di salah satu café eks lokalisasi Kelurahan Tondo, Kecamatan Palu Timur, 17 Agustus lalu.

‘’Iya benar. Pelakunya sudah diamankan. Petugas tengah mendalami kasus tersebut,’’ jelas Riza Faisal.

Dikatakan Kapolres, pelaku berinisial  PAS(30), warga Jalan Talua Konci, Kelurahan Mamboro, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu.

Diungkapkan Riza Faisal, pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas lantaran mencoba kabur saat ditangkap. Tim Opsnal Satreskrim melakukan pnggrebekan pelaku di Jalan Labuan Beru, Kecamatan Palu Utara.

‘’Pelaku mencoba kabur dan melawan petugas saat digrebek. Olehnya itu, pelaku dilumpuhkan dengan tindakan tegas terukur,’’ ungkap Kapolres Palu.

Secara terpisah, Kasat Reskrim Polres Palu, AKP Sigit Suhartanto SIK, mengatakan,  pengungkapan pembunuhan itu, berdasarkan bukti yang diperoleh dari lokasi, berupa rekaman cctv, dan penulusuran handphone korban yang dibawa kabur pelaku.

Ilustrasi. (Foto: Dok. Djunaedi)

Selain rekaman cctv dan handphone milik korban, kata Sigit,  keterangan saksi yang melihat pelaku adalah tamu terkahir korban, sebelum korban ditemukan meninggal dunia.

“Saat ini, dari keterangan pelaku motif melakukan aksi bejatnya itu, dikarenakan pelaku tidak memiliki cukup uang, untuk membayar jasa berhubugan badan dengan korbanya, dan pembunuhan itu terjadi usai korban dan pelaku melakukan hubungan intim,” ujar Sigit sembari menambahkan pelaku membunuh korban dengan mencekik.

Sigit juga mengatakan bahwa, dari tangan tersangka petugas mengamnkan barang bukti berupa Satu unit Handphone Merk Oppo F9 milik korban RK alias RE(34), serta satu unit sepeda motor milik tersangka .

“Pelaku bakal dijerat dengan pasal 338 sub 365 (3) dan 351 (3), dengan ancaman ancaman 15 tahun penjara,” tambahnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pada Senin 17 Agustus 2020, sekitar pukul 23.00 WITA, Warga sekitar eks lokalisasi Tondo kiri, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, , digegerkan dengan penemuan mayat wanita, didalam salah satu kamar di cafe yang ada wilayah lokalisasi ‘Tondo Kiri’.

Jasad wanita tanpa busana itu berinisial RK alias RE(34), warga Kabupaten Blitar, Jawa Timur, dan korban diketahui merupakan pekerja di Cafe 99, sebagai wanita penghibur. (*)

Reporter: Djunaedi

Ayo tulis komentar cerdas