Home Nasional

Nurhaniyah Berharap Raih Juara Terbaik

12
LOMBA - Nurhaniyah, siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Tolitoli saat menampilkan ekspresinya mengikuti lomba bertutur tingkat nasional di Dispusarda Sulteng, Selasa, 8 September 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

  • Mewakili Sulteng Lomba Bertutur Tingkat Nasional

Palu, Metrosulawesi.id – Mewakili Provinsi Sulteng, Nurhaniyah (10), seorang siswa yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Tolitoli kini telah mengikuti babak grand final lomba Bertutur Bagi Siswa-Siswi SD/MI Tingkat Nasional 2020 secara virtual (online). Lomba ini digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulteng, Selasa, 8 September 2020.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dispusarda Sulteng, Dr. Rohani Mastura, sebenarnya tiap tahun lomba tingkat nasional itu diadakan di Jakarta, namun karena pertimbangannya masih masa pandemi Covid-19, maka Perpusnas RI memutuskan untuk menggelar lomba secara virtual dari masing-masing provinsi.

“Peserta yang mewakili Provinsi Sulteng masuk diurutan ke 11. Kami berharap anak kita Nurhaniyah bisa mendapatkan juara, sebab pada 2017 Sulteng pernah mendapat juara masuk enam favorit, tentunya di tahun ini jika bisa meraih juara terbaik,” ujarnya.

Sementara itu, Nurhaniyah mengaku, sangat senang bisa mengikuti lomba itu secara virtual yang baru pertama kali dilakukannya. Dia berharap bisa meraih juara terbaik sehingga bisa membanggakan Sulteng dan orang tua.

Menanggapi prestasi yang diraih oleh siswanya, Kepala MIN 1 Tolitoli, Maqbul, mengaku bangga atas prestasi yang diraih siswanya. Menurutnya, Nurhaniyah ini ketika duduk di bangku sekolah memang melalui seleksi.

“500 siswa hanya Nurhaniyah yang dipilih, sehingga sejak di kelas empat kami sudah persiapkan, kami melihat gerak gerik serta tingkah laku Nurhaniyah, sehingga kami bisa pilih untuk dilatih. Karena memang anak-anak untuk lomba bercerita seperti ini memang dilihat dari tutur kata dan gerak geriknya. Olehnya itu satu tahun sebelumnya kita sudah seleksi dan amati,” ujarnya.

Menurut Maqbul, Nurhaniyah selain berbakat dalam bercerita, juga bisa tampil menyanyi dengan suara merdu. “Memang dia ini ada bakat untuk tampil di depan umum, dan mentalnya cukup bagus, sehingga kami terus mengasah bakat Nurhaniyah agar tampil dengan maksimal,” ungkapnya.

Kata Maqbul, dalam menghadapi lomba tingkat nasional, Nurhaniyah hanya dilatih selama dua minggu. Bahkan karena masa Covid-19, waktu latihan dipangkas seminggu, namun hasilnya dapat diimplementasikan Nurhaniyah saat hari H perlombaan.

“Ini menunjukan dirinya memang sangat berbakat,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh orang tua Nurhaniyah, Rostina. Dia berharap anaknya mendapat juara terbaik.

“Sejak kecil ini anak memang sudah memperlihatkan bakatnya dalam menghafal, buktinya sekitar usia 2 tahun sudah bisa hafal ayat kursi dan sudah lancar berbicara, kami melihat sudah nampak kecerdasannya,” ungkapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas