Home Ekonomi

BRI Palu Salurkan Rp5,4 Miliar ke UMKM

18
Ekwan Darmawan. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk Cabang Palu telah menyalurkan kurang lebih sebanyak Rp5.472.000.000 dana bantuan stimulus Covid-19 untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di gelombang pertama.

Demikian disampaikan oleh Pemimpin BRI Cabang Palu, Ekwan Darmawan kepada Metrosulawesi, Jumat (4/9/2020). Ia mengatakan jumlah penerima yang tercatat pada tahap satu sekitar 2.280 nasabah.

“Saat ini kami masih sementara dalam tahap penyaluran gelombang berikutnya. Pada gelombang dua tahap penghimpunan data, tapi sudah selesai disalurkan. Kami juga sudah pada tahap penyaluran ketiga,” katanya.

Ekwan menyebutkan dana stimulus bagi UMKM telah sesuai dengan instruksi Kementerian Koperasi dan UKM RI. Dimana pelaku UMKM mengakses stimulus Rp2,4 juta tidak dalam bentuk pinjaman.

“Mereka harus mengajukan kepada Pemerintah dan kemudian diserahkan kepada bank penyalur. Pelaku UMKM yang tidak punya pinjaman dipastikan mendapatkan modal ini,” sebutnya.

Menurutnya, stimulus UMKM merupakan salah satu bentuk dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang hingga kini gencar disalurkan Pemerintah pusat melalui bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Meskipun begitu, pihak BRI Cabang Palu juga sampai saat ini masih tetap menyalurkan kredit.

“Dan masih banyak lagi dengan sejumlah regulasi yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Kita juga salurkan yang untuk tenaga kerja dengan BPJamsostek. Ini untuk menumbuhkan kembali geliat perekonomian di Sulteng,” ungkapnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas