Home Pendidikan

Prioritaskan Siswa Miskin Dapat Internet Gratis

23
INTERNET GRATIS - Kadis KIPS Sulteng, Faridah Lamarauna, didampingi perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Muhlis dan Uriani Hasan dan kepala SMA menunjukkan kartu paket internet gratis dari PT XL Axiata yang akan dibagikan kepada 5.000 siswa SMA/SMK di Sulteng, Senin 1 September 2020. (Foto: Ist)

  • Internet Gratis Buat Siswa

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 5.000 siswa SMA dan SMK di Sulteng akan mendapat paket internet gratis dari perusahaan telekomunikasi PT XL Axiata. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulteng saat ini melakukan pendataan terhadap siswa yang akan mendapat paket internet gratis untuk keperluan pembejalaran jarak jauh (PJJ).

Kepala Seksi Pembinaan Peserta Didik SMK, Bidang Pembinaan SMK, Dinas Dikbud Sulteng, Hj Uriani Hasan mengatakan, secara teknis penyaluran paket internet gratis itu ada di pihak perusahaan telekomunikasi. Pihak Dinas Dikbud Sulteng dalam hal ini menyediakan data siswa yang akan mendapatkan paket internet gratis tersebut.

‘’Saat ini kami masih melakukan pendataan terhadap siswa yang akan mendapat paket internet gratis,’’ kata Uriani Hasan, Rabu 2 September 2020.

Menurutnya, 5.000 siswa SMA/SMK di Sulteng yang mendapat paket internet gratis dibagi secara proporsional, yakni 3.000 untuk siswa SMA dan 2.000 untuk siswa SMK.

Uriani mengatakan dalam pendataan itu pihaknya berkoordinasi dengan pihak sekolah di daerah-daerah. Dia juga mengatakan paket internet gratis ini diprioritaskan kepada siswa yang miskin.

Mengenai kendala jaringan internet di daerah, Uriani mengatakan berdasarkan keterangan pihak perusahaan kendala tersebut sudah teratasi. Penyaluran paket internet gratis itu, lanjutnya, dimulai bulan September ini oleh pihak wakil perusahaan di daerah, berdasarkan data dari Dinas Dikbud Sulteng.

Seperti diberitakan dalam kegiatan Bakti Sosial Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) Peduli Pendidikan di Palu, Selasa lalu (1/9) ditandai dengan penyerahan secara simbolis paket internet gratis dari PT XL Axiata kepada 260.450 siswa se-Indonesia.

Untuk Sulawesi Tengah mendapat jatah paket internet gratis untuk 5.000 siswa SMA/SMK. Kuota paket internet gratis tersebut mencapai 30 GB untuk masa berlaku 60 hari (dua bulan). Kegiatan terlaksana berkat kerja sama PT XL Axiata dengan Askompsi.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (KIPS) Provinsi Sulteng, Faridah Lamarauna, didampingi perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Muhlis dan Uriani Hasan, perwakilan SMA, serta Pimpinan PT. XL Axiata, Tiar Hamidy, sebagai Territory Sales Manager XL Sulteng dan Incepati, sebagai Branch Manager PT Selular Global Net.

Reporter: Syahril Hantono
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas