Home Politik

Hapuskan Air Mata Masyarakat Miskin

14
Rusdi Mastura. (Foto: Dok)

  • Mimpi yang Mendorong Cudy Jadi Gubernur

“Saya maju bukan untuk diri saya, tapi untuk kepentingan yang lebih besar ke depan di Sulawesi Tengah.”
– RUSDI MASTURA, Calon Gubernur Sulawesi Tengah –

Palu, Metrosulawesi.id – Rusdi Mastura, mantan Wali Kota Palu dua periode (2005-2015) yang kini siap mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai salah satu calon gubernur Sulawesi Tengah berpasangan dengan Ma’mun Amir ternyata punya mimpi besar untuk daerah ini.

Cudy, sapaan akrab tokoh senior yang juga pernah terpilih sebagai Aggota DPRD Provinsi dan dua kali sebagai Ketua DPRD Kota Palu itu berhasil memikat hati sejumlah petinggi partai besar untuk mengusungnya sebagai bakal calon gubernur pada perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan digelar Desember 2020 mendatang.

Setidaknya, sudah ada tujuh partai yakni Partai Nasdem, Hanura, PKB, Perindo, PKS, Garuda dan Golkar yang sudah bisa dipastikan bakal jadi kendaraan politik Cudy untuk bertarung di Pilkada Sulawesi Tengah nanti. Melihat sejumlah partai besar yang mengusungnya, Cudy mengaku sangat beruntung karena masih diberi kepercayaan di usianya yang tak lagi muda.

“Alangkah untungnya saya di usia saat ini masih ada orang yang memberikan kepercayaan kepada saya. Saya ini sebenarnya sudah senior, tapi masih dapat kepercayaan dari adik-adik, terutama Partai Nasdem dan partai-partai lain yang memberikan kepercayaan kepada saya untuk maju,” ungkap Cudy kepada wartawan Metrosulawesi, Rabu 2 September 2020.

Cudy maju sebagai bakal calon gubernur berpasangan dengan bakal calon wakil gubernur Ma’mun Amir bukan tanpa alasan. Rusdi Mastura ingin potensi yang dimiliki daerah ini kedepan bisa dimaksimalkan. Jika terpilih, ia ingin mengurus Sulawesi Tengah agar lebih baik.

“Sulawesi Tengah ini negeri yang kaya, lebih kaya dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara dan Gorontalo, tapi (masyarakat) kita masih miskin. Oleh sebab itu, harus kita urus dengan baik-baik, bukan berarti mereka belum diurus. Tapi mari kita urus dengan lebih baik kedepan,” sebut politis senior itu.

Dia mencontohkan, potensi besar kekayaan alam yang seharusnya dikembangkan seperti rumput laut, udang fename, kelapa, rotan, gas, biji besi, minyak, emas hingga uranium. Semua itu dimiliki oleh daerah. Potensi-potensi itu harus dimaksimalkan agar mampu mensejahterakan rakyat. Hal itu bisa dicapai jika diurus dengan baik dan benar.

“Saya maju bukan untuk diri saya, tapi untuk kepentingan yang lebih besar kedepan di Sulawesi Tengah. Saya tidak mengatakan saya lebih pintar dari siapa-siapa, tapi saya mungkin punya pengalaman dan punya keberanian untuk menerobos hal-hal yang kadang menjadi hambatan kita,” ungkap sosok yang juga peduli terhadap dunia olahraga tersebut.

Selain itu, misi utama Rusdi Mastura maju di perebutan kursi nomor satu di Sulawesi Tengah adalah untuk menuntaskan persoalan korban bencana 28 September 2020 silam. Partai Nasdem yang menunjuk dia sejak awal untuk maju sebagai bakal calon gubernur bersama bakal calon wakil gubernur Ma’mun Amir memang ditugasi untuk menghapus air mata masyarakat miskin dan korban bencana di Sulawesi Tengah.

“Partai Nasdem ingin menghapuskan air mata pengungsi korban bencana yang sudah dua tahun belum semua bisa terselesaikan. Itu tugas saya yang pertama,” katanya.

Cudy juga bermimpi ingin melahirkan lapangan kerja yang lebih banyak, pendidikan kepada anak-anak, suasana yang nyaman dan bisa menyelesaikan semua masalah bencana di daerah ini.

“Kalau sudah tidak ada mimpi itu, tidak ada obsesi itu, buat apa sih? saya sudah pernah jadi wali kota dua periode, jadi Anggota DPRD Provinsi, Ketua DPRD dua periode, sebenarnya itu sudah cukup. Tapi adik-adik memberikan trust (kepercayaan), kak Cudy harus maju, ya saya harus maju. Partai berharap saya bisa menang dan menyelesaikan masalah-masalah ini,” tandasnya.

Pasangan Rusdi Mastura-Ma’mun Amir merupakan pasangan bakal calon gubernur yang paling awal mendeklarasikn diri dan memastikan mendapatkan kendaraan politik untuk berkontestasi di Pilkada Sulteng. Partai Nasdem menunjuk kedua tokoh ini maju berpasangan jauh sebelum ada nama pasangan bakal calon lain yang berani mendeklarasikan diri.

Bukan tanpa alasan, menurut Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Nasdem Ahmad M Ali, Rusdi Mastura merupakan sosok yang mendapat dukungan dari masyarakat dan para simpatisan untuk memimpin Provinsi Sulawesi Tengah.

“Rusdi Mastura-Ma’mun Amir maju itu karena mendapat dukungan dari masyarakat dan simpatisan,” ungkap Anggota DPR RI itu.

Ahmad M Ali menambahkan, saat ini Sulawesi Tengah membutuhkan sosok pemimpin yang menawarkan solusi, jujur, merakyat, dan mampu memajukan daerah. Kata dia, kriteria itu telah lengkap di diri Rusdi Mastura yang telah terbukti selama memimpin Kota Palu menjadi lebih baik dengan sejumlah terobosan padat karyanya.

“Kita harapkan betul sifat-sifat itu tidak hilang dari dirinya (Cudy) ketika terpilih. Apalagi di tengah krisi global seperti saat ini, pemimpin yang kita pilih harus benar-benar sosok yang mampu menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan penghasilan asli daerah (PAD). Kita yakin Cudy mampu, itu sudah terbukti di Kota Palu,” jelas pemilik sapaan akrab Matu.

Reporter: Tahmil Burhanuddin
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas