Home Pendidikan

Dosen FKIP Untad Dampingi Guru di Sigi Susun Soal Berbasis Hots

19
PENDAMPINGAN - Salah satu anggota tim pengabdian FKIP Untad Palu, Asrianti, S.Pd., M.Pd, saat mendampingi salah satu guru membuat soal Hots, belum lama ini. (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.id – Sejumlah dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (FKIP), Universitas Tadulako (Untad) Palu melaksanakan salah satu program tridharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

Kali ini tim pengabdian ini diketuai oleh Dr. Ida Nur’aeni, S.Pd., M.Pd beranggota Dr. Yunidar, M.Hum, Asrianti, S.Pd., M.Pd., dan Arum Pujiningtyas, S.Pd., M.Pd, dalam rangka mendampingi guru di Sigi membuat soal Hots.

Menurut salah satu anggota tim, Asrianti, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan bagi guru-guru mata pelajaran bahasa Indonesia dalam menyusun soal bahasa Indonesia berbasis HOTS.

“Kegiatan ini diadakan berdasarkan informasi yang diperoleh dari guru-guru di Sigi, bahwa masih mengalami kesulitan dalam menyusun soal bahasa Indonesia berbasis HOTS,” kata Asrianti, melalui ponselnya, Selasa, 1 September 2020.

Sementara itu, Ketua Tim Pegabdian Dr. Ida Nur’aeni, mengungkapkan, kendala yang dialami oleh para guru di Sigi itu, disebabkan oleh beberapa factor diantaranya adalah, guru-guru belum mendapatkan pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan soal bahasa Indonesia berbasis HOTS.

“Pembuatan soal berbasis HOTS ini dalam rangka menyiapkan siswa agar memiliki kompetensi di era industri 4.0 yaitu 4C (critical, creative, communicative, and collabirative). Soal yang berbasis HOTS ini bermanfaat agar siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi,” imbuhnya.

Peserta yang mengikuti pengabdian sebanyak 20 guru, perwakilan dari guru SMP Bahasa dan Sastra Indonesia yang terdapat di kabupaten Sigi. Kegiatan ini dibuka oleh kasi PMPTK Dinas Dikbud Kab. Sigi dan diselenggarakan di SMPN 4 Sigi.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas