Home Donggala

Bantuan Beras Mulai Disalurkan di Donggala

18
SERAHKAN BANSOS - Bupati Donggala Kasman Lassa menyerahkan bantuan sosial pangan kepada warga di kantor Kecamatan Banawa, Selasa (25/8/2020). (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala menyerahkan bantuan sosial pangan beras. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kasman Lassa, di Kantor Camat Banawa, Selasa (25/6/2020)

Bupati mengatakan masyarakat yang diberikan bantuan adalah masyarakat yang terdampak Covid-19 yang sudah berjalan selama enam bulan.

“Alhamdulillah khusus untuk Donggala sampai dengan sekarang masih berada pada zona hijau dan itu patut kita pertahankan karena di Provinsi Sulteng ada tiga daerah yang masih berada pada zona hijau hingga sekarang. Ketiga daerah tersebut yaitu Donggala, Luwuk dan Parimo,” ujarnya.

Bupati meminta kepada masyarakat untuk bekerja sama dengan Pemda, agar kompak untuk mengantisipasi Covid-19 sehingga Donggala sampai pada berakhirnya Covid-19 nanti masih berada pada zona hijau.

Selain itu, terkait dengan penyerahan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 Bupati mengatakan bahwa bantuan yang diserahkan merupakan kepedulian dan peran Pemda Donggala di saat masyarakat sedang menghadapi Covid-19.

Karena dengan adanya Covid-19, sebagian masyarakat kehilangan mata pencahariannya sehingga ekonomi keluarga semakin menurun. Untuk itu, Bupati berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Plt. Kepala Dinas Sosial Akris Fatah, dalam laporannya menyampaikan bahwa bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat yang ada di 16 kecamatan, 158 desa dan 9 kelurahan.

Untuk bantuan tersebut Plt. Dinas Sosial mengatakan bahwa sebenarnya sudah ada pada bulan April 2020 yang lalu, sehingga sekarang penyalurannya diambil sekaligus tahap pertama dan tahap kedua sebanyak 20 kilogram untuk setiap kepala keluarga.

Bantuan tersebut diserahkan untuk masyarakat masuk kategori miskin yang terdampak Covid-19, di luar yang mendapatkan PKH, Pangan non tunai dan bantuan langsung tunai dari dana desa.

Lanjut disampaikannya bahwa bantuan awal diserahkan di Kecamatan Banawa dan dari seluruh bantuan yang diserahkan sampai dengan tanggal 31 Desember 2020 berjumlah kurang lebih 338.100 kilogram. Untuk itu bantuan yang diserahkan di awal yaitu Kecamatan Banawa untuk sembilan kelurahan dan lima desa.

“Kami selalu melakukan koordinasi dengan seluruh kepala desa dan lurah untuk meminta data masyarakat yang belum sama sekali mendapatkan bantuan Covid-19,” tuturnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas