Home Palu

Hanya Enam Paskibraka Pengibar Bendera

30
Irvan. (Foto: Metrosulawesi/ Hakir)

Palu, Metrosulawesi.id – Pelaksanaan upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke-75, 17 Agustus 2020 di tingkat Provinsi Sulawesi Tengah akan berbeda dari tahun sebelumnya. Nantinya, Paskibraka yang bertugas dalam pengibaran bendera di Kantor Gubernur Sulteng hanya melibatkan enam orang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Tengah, Irvan mengatakan, upacara 17 Agustus 2020 tetap dilaksanakan, tetapi sedikit berbeda karena menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Selain itu, jumlah peserta upacaranya juga lebih sedikit, karena hanya melibatkan pegawai di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

“Sehingga untuk Paskibraka nantinya yang dulunya ada pasukan 45, 17, dan 8 itu disederhanakan. Sesuai arahan Gubernur Sulteng, pengibar menjadi 6 orang saja, petugasnya hanya untuk pengibar saja,” jelas Irvan, Rabu, 12 Agustus 2020.

Dia menjelaskan, petugas pengibar bendera merah putih sebanyak 6 orang itu merupakan Paskibraka yang bertugas 2019 lalu. Sebab, untuk tahun ini mereka tidak melakukan perekrutan dari kabupaten kota se-Sulawesi Tengah, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Biasanya kata dia, 3 bulan sebelum hari pelaksanaan upacara, para Paskibraka akan direkrut dan dilatih, namun tahun ini ditiadakan karena dalan masa pandemi Covid-19.

“Namun karena Covid-19 untuk tahun ini sedikit berbeda, dalam arti utusan dari kabupaten kota itu ditiadakan, kemudian untuk seleksi pun tidak ada,” tambah Irvan.

Untuk enam Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera merah putih 17 Agustus 2020 di Kantor Gubernur Sulteng itu, saat ini sdah menjalani pelatihan. Mereka juga sedang memantapkan formasi.

“Sekarang lagi susun formasi, karena ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, sehingga harus menyesuaikan dengan formasi yang ada,” ujarnya.

Kondisi serupa juga kata Irvan, diterapkan oleh Dispora di kabupaten/kota. Namun formasinya berbeda-beda.

“Masing-masing daerah ternyata bervariasi juga sesuai dengan apa yang mereka buat, tetapi tetap dengan menggunakan protokol kesehatan, ada yang 8, ada yang 6, ada beberapa daerah yang lengkap, ada yang pastikan 8 nya saja,” terangnya.

Untuk diketahui, kata Irvan, berdasarkan informasi Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng, setiap OPD di luar Sekretariat melaksanakan upacara bendera merah putih 17 Agustus 2020 di kantornya masing-masing.

Reporter: Hakir
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas