Home Palu

Disdukcapil Palu Mulai Gunakan Kertas HVS, Kecuali KIA dan e-KTP

31
Kadisdukcapil Palu, Rosida Thalib. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu, saat ini pihaknya sudah menggunakan kerta HVS ukuran A4 80 gram untuk mencetak dokumen kependudukan, di antaranya Kartu Keluarga (KK), Akte Lahir, dan Surat Kematian, kecuali KIA dan e-KTP tetap gunakan blangko khusus.   

Demikian dikatakan Kepala Disdukcapil Palu, Rosida Thalib, melalui ponselnya, Rabu, 12 Agustus 2020.

Selain itu, Rosida mengatakan, untuk pelayanan kepada masyarakat di empat kecamatan sudah dibuka kembali, bahkan di beberapa kelurahan petugas dari Disdukcapil Palu turun secara mobile melayani masyarakat.

“Pelayanan mobile di  tiap kelurahan ini kami buka hingga September, kami berharap masyarakat manfaatkan pelayanan ini dengan baik, sehingga tidak perlu lagi bolak balik ke kantor Disdukcapil Palu, kami siap melayani di kelurahan maupun kecamatan,” ungkap Rosida.  

Terkait dengan pencetakan e-KTP, Rosida mengungkapkan, sejauh ini berjalan lancar, bahkan belum lama ini pihaknya mengikuti pertemuan bersama Dirjen Dukcapil, dan Kota Palu diberikan ribuan keping blangko.

“Jadi tidak ada masalah untuk e-KTP, bahkan sekarang ini pelayanan secara mobile itu bisa cetak di tempat e-KTP masyarakat,” katanya.

Rosida juga mengungkapkan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan launching pelayanan akte kelahiran dan KK baru di Puskesmas, nantinya juga sekaligus penyerahan satu unit server dari Yayasan Karampuang ke Pemkot Palu melalui Disdukcapil Palu.

“Server itu akan dimanfaatkan oleh Puskesmas untuk menerbitkan KK dan Akte Kelahiran. Jadi  Puskesmas dan kelurahan yang sudah MoU dengan Disdukcapil Palu nantinya sudah bisa mencetak akte dan KK di kantornya masing-masing,” ujarnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas