Home Palu

3.383 Peserta SBMPTN Lolos Masuk Untad

32
Lukman Nadjamudin. (Foto: Dok)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 3.383 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dinyatakan lolos masuk Universitas Tadulako (Untad). Wakil Rektor Untad Bidang Akademik, Dr Lukman Nadjamuddin, mengungkapkan peserta yang dinyatakan lolos selanjutnya harus melakukan daftar ulang.

“Calon mahasiswa baru diharuskan melakukan pendaftaran ulang sesuai jadwal dan ketentuan yang ditetapkan,” ungkap Lukman, Jumat, 14 Agustus 2020.

Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi calon mahasiswa baru 17 Agustus sampai 5 September. Bagi calon penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah wajib mengunggah sejumlah dokumen melalui website pmb.untad.ac.id mulai 17 sampai 24 Agustus 2020.

Dokumen dimaksud scan/foto keluarga asli, scan/foto bukti pembayaran rekening listrik bulan terakhir, foto rumah orangtua/wali tampak depan dan ruang tamu. Pengumuman penerima KIP Kuliah yang lulus verifikasi administrasi pada 31 Agustus melalui laman pmb.untad.ac.id.

Selanjutnya wajib melakukan registrasi secara online menggunggah dokumen biodata, scan/foto kelaurga asli, surat pernyataan, ijazah atau surat keterangan lulus, surat keterangan sehat, dan surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit atau Puskesmas setempat.

Lukman menegaskan bagi calon mahasiswa tang terbukti telah melakukan pemalsuan dokumen akan disanksi berupa pembatalan sebagai mahasiswa baru atau dikeluarkan dari Untad.

“Saya berharap semua peserta yang dinyatakan lulus segera melakukan pendaftaran ulang,” pungkas Lukman.

Seperti diketahui, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN berlangsung sejak 5 sampai 12 Juli lalu dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Peserta UTBK menggunakan 29 ruangan yang tersebar di empat lokasi yaitu 10 ruangan di Untad, 4 ruangan di SMKN 1 Palu, 9 ruangan di SMKN 2 Palu serta 6 ruangan di SMKN 3 Palu.

Per sesi UTBK diikuti 445 peserta dengan sebaran terdiri atas 170 peserta yang akan mengikuti UTBK di Untad, 60 peserta di SMKN 1 Palu, 135 peserta di SMKN 2 Palu, dan 90 di SMKN 3 Palu.

Sebelum memasuki ruang ujian, semua peserta UTBK dicek suhu tubuh oleh panitia. Dari pengecekan, semua peserta dalam kondisi suhu normal sehingga diperbolehkan mengikuti ujuan. Panitia terlebih dahulu melakukan penyemprotan disinfektan ke semua ruangan sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Peserta dan pengawas dalam mengikuti ujian diwajibkan memakai masker.

Reporter: Michael Simanjuntak

Ayo tulis komentar cerdas