Home Palu

Tak Ada Iring-iringan Pendaftaran Calon

33
SOSIALISASI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menggelar sosialisasi produk hukum untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulteng serta pemilihan wali kota dan wakil wali kota Palu, Selasa 11 Agustus 2020. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Di hadapan perwakilan Partai Politik dan Forkompimda Kota Palu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menyampaikan tidak ada iring-iringan masa pendukung mengantar pasangan calon mendaftar di KPU Kota Palu. Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu mendaftar hanya didampingi Ketua dan Sekretaris partai pengusung serta Tim Pemenangan Pasangan Calon.

Penegasan itu disampaikan Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid dalam kegiatan Sosialisasi Produk Hukum untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng serta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu Tahun 2020, di salah satu Hotel di Palu, Selasa, 11 Agustus 2020.

Pembatasan pendaftaran dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 2020. Demi memastikan tidak ada iring-iringan nanti, KPU Kota Palu menggandeng Polres Palu mengawal pelaksanaan tahapan pendaftaran calon.

“Tahapan pendaftaran Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu dilaksanakan pada 4-6 September 2020. Karena pendaftaran di tengah pandemi Covid-19, maka tidak ada lagi rombongan massa datang ke KPU. Bakal pasangan calon hanya didampingi Ketua dan Sekretaris Partai Pendukung serta Ketua Tim Pemenangan saja,” ujar Agussalim.

Mengingat tahapan pendaftaran kurang dari satu bulan lagi, KPU Kota Palu mengingatkan kepada Partai Politik khususnya yang sudah terbentuk koalisinya untuk segera menyampaikan penghubungnya (LO) ke KPU. Nantinya KPU akan memberikan bimbingan teknis terkait aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Sementara itu, Koordinator Divisi Teknis KPU Kota Palu, Iskandar Lembah dalam pertemuan itu menyampaikan, mantan terpidana korupsi, narkoba dan asusila yang mendaftar sebagai Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palu oleh UU 10 Tahun 2016 tidak dapat diterima.

“Jika calon itu pernah dipidana korupsi, narkoba, dan asusila oleh undang-undang pendaftarannya ditolak,” tegas Iskandar Lembah.

Pada kesempatan itu Iskandar juga mengimbau Partai Politik yang sudah lengkap koalisinya untuk secepatnya menyampaikan LO ke KPU.

“Segala yang menjadi kebutuhan dalam pencalonan, KPU akan sampaikan kepada LO,” tuturnya.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas