Home Politik

Muswil V PAN Sulteng, Empat Nama Rebutan Ketua

73
MUSWIL - Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan membuka Muswil V DPW PAN Sulawesi Tengah melalui virtual. Muswil diselenggarakan di Hotel Santika Palu, 10 Agustus 2020 dan dipimpin Ketua POK DPP PAN Hanafi Rais. (Foto: Metrosulawesi/ Pataruddin)

Palu, Metrosulawesi.id – Musyawarah ke-V Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) memunculkan empat nama memperebutkan posisi ketua. Keempatnya diberikan waktu paling lama 10 hari kedepan untuk bermusyawarah menentukan siapa yang menduduki posisi ketua.

Keempat orang tersebut masing-masing Rusli Baco Dg Palabbi, Suprapto Dg Situru, Saleh Bantilan dan Sigit Purnomo. Terpilihnya nama-nama tersebut setelah DPP melakukan penyaringan dari 14 nama yang mendaftar. Dalam 14 nama itu, hanya Sigit Purnomo yang tidak mendaftar, dan baru masuk dalam daftar kandidat ketua pagi hari jelang pembukaan Muswil ke-V.

Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) membuka secara virtual Musyawarah Wilayah V DPW PAN Sulawesi Tengah, Senin, 10 Agutus 2020.

Dalam sambutannya, Zulhas menekankan prinsip musyawarah dalam mengambil keputusan partai.

“Kedepankan musyawarah ketimbang banting kursi hingga ada bocor kepala,” kata Zulhas mencontohkan dua Munas DPP PAN di Bali dan Kendari, beberapa waktu lalu.

Zulhas meminta kepada seluruh kader PAN di Indonesia agar bersama-sama membesarkan partai tanpa harus ribut-ribut.

“Cukup sudah yang terjadi beberapa waktu lalu di Kendari yang menyimpan luka, dan lama baru selesai. Saya meminta agar musyawarah wilayah mengedepankan musyawarah. Partai-partai lain juga demikian seperti Prabowo yang sebentar lagi dikukuhkan kembali memimpin Partai Gerindra, Partai Nasdem, bahkan Partai Golkar sekalipun, mengedepankan musyawarah,” ujar Zulhas.

Pada kesempatan itu juga, Zulhas memberikan target 60 kursi legislatif di Sulawesi Tengah pada Pemilu Legislatif 2024 mendatang.

“Kalau tadi disebut Pak Rusli, menargetkan 40 kursi, saya meminta agar targetnya 60 kursi,” kata Zulhas.

Musyawarah Wilayah V DPW PAN Sulawesi Tengah dipimpin Ketua POK DPP PAN Mumtaz Rais. Turut dihadiri pengurus DPP PAN dan anggota DPR RI Fraksi PAN Dapil Sulawesi Tengah Sarifuddin Sudding.

Sekretaris DPW PAN 2015-2019, H Rusli Baco Dg Palabbi mengatakan pihaknya menargetkan 40 kursi legislatif pada Pemilu Legislatif 2024 mendatang.

“Saat ini PAN memiliki 25 kursi di seluruh Kabupaten/kota dan propinsi. Kedepan kita tetap menargetkan 40 kursi,” ujar Rusli.

Terkait pilkada serentak 2020, Rusli menyatakan siapapun yang didukung PAN, maka harus diperjuangkan untuk menang.

“Di sini ada saya dan saudara Sigit Purnomo. Siapapun yang didukung partai kita harus memenangkannya,” kata Rusli Dg Palabbi.

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah itu juga mengatakan, perbedaan pilihan saat munas lalu sudah berakhir dan kini semua sudah cair lagi.

Dalam Muswil V ini, ada empat nama yang dihasilkan dan akan digodok untuk menempati posisi Ketua, Sekretaris, Bendahara dan POK, yaitu Rusli Dg Palabbi, Moh Saleh Bantilan, Sigit Purnomo dan Soeprapto Dg Situru.

Reporter: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas