Home Palu

Sekolah Diimbau Tak Gelar Upacara HUT RI

30
H. Ansyar Sutiadi. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi, mengimbau seluruh sekolah SD dan SMP tidak melaksanakan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-75 tahun di lapangan terbuka.

“Khusus dewan guru dapat mengikuti upacara yang ditayangkan melalui media televisi,” kata Ansyar, saat dihubungi Metrosulawesi, belum lama ini.

Menurut Asnyar, imbauan itu mengacu pada edaran Mendagri, dimana upacara hanya dilaksanakan terbatas di lingkungan Pemkot, untuk sekolah-sekolah tidak diimbau untuk melaksanakannya.

“Karena sekolah saja tidak melaksanakan pembelajaran tatap muka apalagi untuk upacara. Untuk itu kita tidak mengimbau upacara dilaksanakan di sekolah,” ujarnya.

Ansyar mengatakan, tujuan dari imbauan itu untuk mencegah penularan klaster baru penularan Covid-19.

“Jika upacara dilaksanakan di sekolah pasti akan melibatkan para peserta didik lagi, sebagai peserta upacara dan petugas upacara, sehingga itu yang kita khawatirkan akan ada klaster baru penularan covid lagi,” ungkapnya.

Meskipun kata Ansyar, Mendikbud RI belum mengeluarkan surat edaran terkait pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan. Tetapi dia berharap para insan pendidikan tetap semangat dalam mengisi HUT kemerdekaan RI meskipun di rumah saja.

“Momen ini kita berharap pengabdian kita sebagai insan pendidikan yakni mencerdaskan kehidupan bangsa tetap harus kita laksanakan dengan penuh semangat dan bertanggung jawab, demi masa depan dan anak bangsa,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas