Home Nasional

Ahmad Ali: Pastikan APBD 2021 Membuka Lapangan Pekerjaan

33
RAKERDA - Wakil Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Ahmad M Ali menjadi pembicara utama dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Partai Nasdem se-Sulteng yang dilaksanakan di Kantor DPW Nasdem Sulteng, Jumat 7 Agustus 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)

Palu, Metrosulawesi.id – Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad M Ali, menegaskan kepada seluruh kader khususnya Fraksi Nasdem di DPRD, agar memastikan APBD tahun 2021 menjadi stimulus pertumbuhan ekonomi, utamanya membuka lapangan pekerjaan yang sifatnya padat karya.

Karena itu, Ahmad Ali menekankan Fraksi Nasdem ditingkatan DPRD mencermati Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang diajukan oleh eksekutif. Bila KUA PPAS tidak bersentuhan langsung pada kepentingan masyarakat Ahmad Ali memerintahkan fraksi nasdem menolak KUA PPAS untuk dibahas.

“Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak masyarakat kehilangan pekerjaan. Sebab itu, pastikan APBD 2021 memberi ruang sebasar-besarnya untuk membuka lapangan pekerjaan, utamanya yang bersifat padat karya,” tegas Ahmad Ali saat Rakerda partai Nasdem Sulteng, di Kantor DPW Nasdem Sulteng, Jumat 7 Agustus 2020.

Seluruh anggota DPRD dari Nasdem juga diminta berani mencoret anggaran infrastruktur, apalagi itu tidak bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

“Kita tidak anti infrastruktur, tapi yang dibutuhkan saat ini adalah perbaikan ekonomi. Infrastruktur boleh asal berkaitan dengan kebutuhan masyarakat, seperti pembangunan irigasi,” tegasnya.

Semua itu bisa dikawal dengan mencermati KUA PPAS yang disampaikan kepala daerah, baik itu gubernur, bupati maupun wali kota.

“Saya minta selama pembahasan KUA PPAS anggota DPRD dari Nasdem tidak meninggalkan daerah,” tegas Ahmad Ali.

Jabatan pimpinan DPRD yang diraih Nasdem disebagian besar daerah harus digunakan sebaik-baiknya dalam membahas anggaran 2021. Pastikan KUA PPAS sejalan dengan APBD nanti. Itu bisa diwujudkan bila pembahasannya dikawal dengan baik. Fraksi Nasdem diminta tidak segan-segan mengembalikan KUA PPAS bila tidak berdampak pada masyarakat.

Sektor UMKM juga menjadi perhatian ketua Fraksi Nasdem DPR RI tersebut. Karena itu dia memerintahkan fraksi Nasdem tingkatan DPRD untuk memastikan APBD menyentuh pelaku UMKM.

“Sektor ini sangat besar peranannya dalam menaikkan pertumbuhan ekonomi. Ini menjadi tugas kita bersama demi memastikan anggaran negara dinikmati oleh masyarakatnya,” tutur Ahmad Ali.

Reporter: Elwin Kandabu
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas