Home Palu

Untad Bantu Peralatan Dapur untuk Masamba

23
PELEPASAN - Rektor Prof Mahfud (tengah) didampingi jajaran wakil rektor secara simbolis menyerahkan bantuan peralatan dapur ke Koordinator Untad Peduli, Samsumarlin, untuk disalurkan kepada korban banjir bandang di Masamba. Pelepasan berlangsung di Lantai I Rektorat Untad, Selasa, 4 Agustus 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Rektor Universitas Tadulako (Untad), Prof Dr Ir Mahfudz MP, melepas tim relawan Untad Peduli yang akan menyalurkan bantuan kepada korban banjir bandang di Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Pelepasan berlangsung di Lantai I Rektorat Untad, Selasa, 4 Agustus 2020.

“Semoga bantuan yang disalurkan Untad Peduli bermanfaat bagi saudara-saudara kita korban banjir di Masamba,” ucap Prof Mahfudz.

Koordinator Untad Peduli, Drs. Samsumarlin, M.Si, menjelaskan Universitas Tadulako lewat Untad Peduli akan menyalurkan bantuan berupa peralatan dapur dan rumah tangga, seperti kompor, belanga, wajan, ember, piring, dan lain lainnya. Diungkapkan setelah  banjir bandang menerjang Masamba, Untad Peduli membuka rekening donasi yang dalam dua pekan, berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp41 juta.

“Bantuan yang masuk ke rekening Untad Peduli berasal dari keluarga besar Universitas Tadulako,” ungkap Samsumarlin.

Donasi yang terkumpul tersebut disalurkan dalam bentuk bantuan peralatan dapur berdasarkan dengan assessment relawan Untad Peduli dari pegawai dan dosen yang sudah turun dahulu ke Masamba. 

“Berdasarkan assement tersebut diketahui saat ini yang paling dibutuhkan itu adalah peralatan dapur dan rumah tangga, sehingga dana yang kami dapatkan itu memang difokuskan untuk pengadaan alat-alat dapur,” ujarnya.

Samsumarlin melanjutkan pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan bupati melalui ajudannya. Tim ini sendiri akan diterima pada 6 Agustus di Masamba yang akan berangkat hari ini, Rabu, 5 Agustus 2020.

“Rencananya, besok (hari ini red.), bantuan ini akan kami berangkatkan, sebanyak 14 tim,  dengan menggunakan bus Untad dan dua mobil operasional,” terang Plt Kepala BAKP Untad itu.

Bantuan akan diserahkan kepada pemerintah Kabupaten Masamba, untuk kemudian disalurkan kepada korban bencana di sana, sesuai mekanisme yang telah ditetapkan oleh pemkab.

Menurut Samsumarlin, sebelum Untad Peduli, sudah ada komunitas-komunitas yang turun dari kalangan mahasiswa, baik fakultas, jurusan, maupun program studi. Pascabencana melanda, para mahasiswa  lebih awal turun untuk melakukan aksi sosial di Masamba. Untad Peduli sendiri kata dia, masih membuka rekening donasi untuk penyaluran bantuan pada korban bencana, tidak hanya Masamba, tetapi juga di daerah lainnya. Bagi pihak yang hendak berdonasi, dapat disalurkan melalui Rekening BNI: 0978801226 a.n. Universitas Tadulako Peduli yang akan dibuka sampai waktu yang belum ditentukan.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas