Home Politik

Tahap Pertama Lolos, Kini Giliran Kumpul Pendukung

53
Samsul Y Gafur. (Foto: Metrosulawesi/ Syamsu Rizal)

  • Lima Calon Perseorangan di Pilkada Empat Kabupaten

Palu, Metrosulawesi.id – Lima pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati perseorangan di empat kabupaten di Sulawesi Tengah lolos ke tahap verifikasi faktual (verfak) perbaikan. Mereka telah melewati tahap verifikasi administrasi (verfak) yang berakhir Selasa 4 Agustus 2020.

Anggota KPU Sulawesi Tengah, Samsul Y Gafur mengatakan lima pasangan bakal calon perseorangan telah memenuhi syarat dokumen perbaikan. Setelah melalui tahap verifikasi administrasi, hasilnya semua memenuhi syarat. Karena itu, lima pasangan bakal calon akan memasuki tahap verifikasi vaktual hasil perbaikan tersebut.

“Hasil verifikasi administrasi perbaikan lima pasangan calon bupati dan wakil bupati di empat kabupaten memenuhi syarat untuk dilanjutkan ke tahap verifikasi faktual,” jelas Samsul Y Gafur ditemui di kantornya, Rabu 4 Agustus 2020.

Adapun lima pasangan calon bupati dan wakil bupati perseorangan adalah Ilyas Nawawi-Uhut Hutapea (Pilkada Sigi), Samsuri-Tony Sowolino (Pilkada Poso), Admin AS Lasimpala-Moh Baedhawi A Abdullah (Pilkada Tojo Unauna), H Rusli Banun-Asgar B Badalia (Pilkada Banggai Laut), dan Hasdin Mondika-Achmad Buluan (Pilkada Banggai Laut).

Lima pasangan tersebut berhak mengikuti tahapan akhir yakni verifikasi vaktual hasil perbaikan. Selanjutnya, jika lolos maka pasangan bakal calon berhak mencalonkan diri pada pemilihan serentak 2020.

Samsul Y Gafur menjelaskan, teknis pelaksanaan verfak hasil perbaikan berbeda dengan verfak di awal. Jika sebelumnya verfak dengan mendatangi setiap pendukung, maka untuk tahap perbaikan ini dilakukan dengan mengumpulkan pendukung.

“Boleh dikumpulkan tapi harus mengikuti protocol kesehatan Covid-19,” ujarnya.

Dia meminta liaison officer (LO) atau penghubung pasangan bakal calon perseorangan proaktif menghadirkan pendukung agar PPS tidak mengalami kesulitan pada saat verfak.

Samsul Y Gafur yang mantan anggota KPU Poso ini mengatakan, setelah verfak oleh PPS selanjutnya akan direkapitulasi di tingkat kecamatan 17-19 Agustus dan seterusnya di KPU kabupaten pada 20-21 Agustus.

“Nanti akan ada berita acara. Jika terpenuhi syarat pencalonan, maka berita acara itulah yang digunakan untuk mendaftar nanti sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati yang dijadwalkan 4-6 September,” ujar Samsul.

Adapun jumlah minimal dukungan pasangan calon perseorangan berbeda setiap kabupaten sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di kabupaten tersebut. Misalnya di Sigi, jumlah dukungan minimal 16.411, Poso (14.724), Tojo Unauna (11.466), dan Banggai Laut 4.545 pemilih.

Wilianita Selviana. (Foto: Metrosulawesi/ Syamsu Rizal)

Dikonfirmasi terpisah, Anggota KPU Poso Wilianita Selviana mengatakan, pihaknya telah menyerahkan berita acara hasil vermin dokumen perbaikan syarat dukungan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Poso Ir. Samsuri MSi- Ir.Tony Sowolino MSi pada Selasa 4 Agustus 2020.

“Jumlah dukungan yang memenuhi syarat berdasarkan hasil pengecekan kesesuaian isi formulir model B. 1-KWK Perseorangan perbaikan, B1.1-1 KWK Perseorangan perbaikan sejumlah 5.585 dukungan.
Jumlah syarat dukungan yang wajib dipenuhi adalah 14.724 dukungan, jumlah dukungan yang sudah dinyatakan memenuhi syarat berdasarkan rekapitulasi tingkat kabupaten (BA.7-KWK Perseorangan) sejumlah 12.400 dukungan,” ungkap Wilianita Selviana.

Dia menjelaskan, jumlah 2 kali lipat kekurangan dukungan adalah 4.648 dukungan. Sedangkan jumlah yang diserahkan pada masa perbaikan adalah 5.805 dukungan. Adapun jumlah dukungan perbaikan yang dinyatakan memenuhi syarat hasil verifikasi administrasi adalah 5.585 dukungan dengan sebaran 18 kecamatan.

“Berdasarkan hasil vermin dokumen perbaikan syarat dukungan bapaslon perseorangan Ir. Samsuri MSi – Ir. Tony Sowolino MSi, dinyatakan memenuhi syarat dan dapat dilanjutkan ke tahapan verifikasi faktual dukungan perbaikan pada tanggal 8-16 Agustus 2020,” jelasnya.

Reporter: Syamsu Rizal
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas