Home Palu

SMMPTN Untad Dibuka hingga 25 Agustus

48
BERI KETERANGAN - Wakil Rektor Untad Bidang Akademik, Lukman Nadjamuddin (tengah), didampingi Plt Kepala BAKP Untad, Samsumarlin (kiri), dan Kasubag Humas, Husniati (kanan), saat memberikan keterangan kepada awak media Lantai I Rektorat Universitas Tadulako, Selasa, 4 Agustus 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) secara resmi membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN). Wakil Rektor Untad Bidang Akademik, Lukman Nadjamuddin, menerangkan pendaftaran SMMPTN dibuka mulai 5 sampai 25 Agustus 2020. Jalur SMMPTN membuka semua program studi (prodi) di Untad.

“Pendaftaran secara online melalui https://pendaftaran.untad.ac.id/ yang akan dibuka aksesnya pada Rabu, 5 Agustus dini hari,” terang Lukman didampingi Plt Kepala BAKP Untad, Samsumarlin, dan Kasubag Humas, Husniati, kepada awak media Lantai I Rektorat Universitas Tadulako, Selasa, 4 Agustus 2020.

Dia mengatakan untuk pelaksanan ujian rencananya akan digelar selama dua hari pada 29-30 Agustus. Tes SMMPTN kali ini ditetapkan dengan sistem Ujian Tulis Berbasis Kertas (UTBK) dengan materi tes potensi skolastik.

“SMMPTN tahun 2020 hanya mengukur potensi skolastik mengigat waktu pelaksanaan hanya empat sesi selama dua hari. Sesi pertama pada jam 09.00, sesi kedua pada jam 14.00 dan sesi ketiga dan keempat pada hari kedua pada jam yang sama,” ujarnya.

“Ada empat lokasi yang disiapkan untuk mengikuti UTBK yaitu di SMKN 1 Palu, SMKN 2 Palu, SMKN 3 Palu dan di Kampus Untad yang tersebar diseluruh Fakultas,” tambah Lukman.

Pelaksanaan UTBK dipastikan tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Panitia menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer dimasing-masing lokasi ujian untuk peserta dan pengawas saat memasuki ruangan ujian, serta dilakuan penyemportan disinfektan. Untuk peserta dari luar kota dikatakan tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Kota Palu.

“Misalnya kalau harus melakukan rapid test atau surat keterangan sehat harus diurus memang,” ucapnya.

Untad menyiapkan kuota SMMPTN sebanyak 2.459 dengan rincian program sarjana 2.099 orang ditambah D3 dan Non rjeguler 360 orang. Untuk biaya pendaftaran sama seperti tahun sebelumnya sebesar Rp250 melalui BNI.

Pembayarannya dilakukan sebagai mekanisme pendaftaran yang terdapat dalam laman website Untad. Yang terpenting pula diketahui pendaftar, SMMPTN tahun ini tidak menyediakan ujian susulan. Olehnya peserta wajib mengikuti ujian sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Kami mengimbau kepada seluruh calon peserta mengatur waktu menuju kota palu agar tidak terlambat,” pungkas Lukman.

Bagi peserta yang tidak lulus lewat jalur SBMPTN dipersilakan mendaftar melalui SMMPTN. Pengumuman hasil SMMPTN Untad sendiri direncanakan pada 7 September mendatang.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas