Home Banggai Kepulauan

Pohon Rindang Ganggu Jalur Jaringan Utama Listrik di Totsel

28
Petugas PLN Kecamatan Totikum-Totsel, Bangkep, membersihkan jalur jaringan listrik di Kecamatan Totsel. (Foto: Ist)

Bangkep, Metrosulawesi.id Sejumlah masyarakat Kecamatan Totikum-Totikum Selatan (Totsel), Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Sulawesi Tengah,  mengaku kesal lantaran kerap mati  tiba-tiba. Warga mengeluhkan adanya pemadaman padahal interkoneksi liastrik PLN sudah 24 jam.

Terkait seringnya listrik padam secara tiba-tiba itu, Kordinator Sub Rayon PLN Salakan, Rahmad Hidayat, mengatakan, kondisi itu disebabkan gangguan  pepohonan yang tumbuh rindang di sepanjang area jaringan utama.

“Kalau soal daya, kita tidak defisit disini, malah dengan interkoneksi antara Salakan dengan Totikum, itu saling menaikkan daya mampu” kata Rahmat di kantornya ketika dikonfirmasi Metrosulawesi.id, Selasa (4/8/2020)

Lebih detail, Rahmat menyebutkan, gangguan jalur jaringan itu terjadi di sepanjang dua kecamatan yakni dari Desa Palam sampai ke Desa Sobonon.  Kemudian dari Desa Sobonon hingga  ke Desa Tobing.

Kondisi itu, lanjut Rahmat, tentu mempengaruhi jaringan di sepanjang Tinangkung Utara. Padahal Jaringan sepanjang di sepanjang kecamatan itu katanya, paling jarang mati sebelumnya.

“Kita juga disini, stress. Disana hampir tiap malam padam,  Kalau seperti ini terus, efeknya juga ke mesin,  dan saya tidak mau ambil resiko,” urai Rahmat.

Karenanya, imbuh Rahmat, dia telah memerintahkan petugas PLN yang ada di Kecamatan Totikum, untuk fokus pada pembersihan jaringan selama seminggu ini. Dia juga mengharapkan sinergitas  masyarakat  untuk terlibat dalam kegiatan pembersihan itu.

“Sekarang memang listrik disini ada padam sampai rencana hari sabtu. Jadi kebetulan mereka disana juga sudah surati tentang pengumuman pekerjaannya, sama-samalah masyarakat bekerja disana,” pinta Rahmat. (*)

Reporter: Rifan Touk

Ayo tulis komentar cerdas