Home Hukum & Kriminal

Pelaku Begal Lima TKP Dilumpuhkan

20
Kapolres Palu AKBP H Moch Sholeh menunjukkan terduga pelaku kasus begal yang sudah beraksi di lima TKP di Kota Palu Kamis 30 Juli 2020. (Foto: Istimewa)
  • Selalu Lakukan Pencurian dengan Kekerasan

Palu, Metrosulawesi.id – Tersangka kasus pencurian dengan kekerasan (curas) alias begal di Kota Palu akhirnya dilumpuhkan dengan timah panas. Pria berinisial H itu digelandang ke Mako Polres Palu bersama barang bukti, Kamis 30 Juli 2020.

Kapolres Palu AKBP H Moch Sholeh mengatakan, terduga pelaku ini melakukan aksinya dengan menggunakan sebilah senjata tajam jenis parang. Serta tidak segan-segan melukai, jika korban melakukan perlawanan.

“Ini pelaku pembegalan, pakai senjata parang, sudah lima kali melakukan aksinya, di Jalan Mangga, Jalan Kelor, Jalan WR Supratman, Jalan Kemiri, dan di TKP satu lagi,” jelas Kapolres Sholeh.

Pihaknya kata Kapolres Sholeh, terpaksa harus melakukan tindakan terukur dan menembak kedua kaki terduga pelaku. Hal itu karsna tersangka mencoba melarikan diri dan melawan saat hendak ditangkap.

” Kita sudah berikan tembakan peringatan, tapi tidak diindahkan, sehingga kita berikan tembakan melumpuhkan di kaki,” tambah Kapolres Sholeh.

Akibat tindakannya, terduga pelaku dijerat pasal 363 KHUP tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman pidana 5 tahun penjara.

Untuk diketahui lanjut Kapolres Sholeh, selama Juli 2020 ini pihaknya sudah mengungkap sejumlah kasus baik, curanmor curas, maupun curat.

Untuk Satuan Reserse Kriminal Polres Palu selama Juli 2020 sudah mengungkap 2 kasus curas, Polsek Palu Timur ungkap 2 kasus curanmor, Polsek Palu Selatan sudah diungkap 2. Kemudian Polsek Palu Barat untuk curas yang diungkap 1 dan curat 3. Sementara Polsek Palu Utara sementara masih dalam pengembangan dan akan dilaporkan hasilnya nanti.

“Jadi beberapa LP yang sudah kita tangani kurang lebih ih sudah ada 15 LP yang tersangka sudah kita amankan dan kasusnya sedang ditangani,” terangnya.

Reporter: Hakir
Editor: Sudirman

Ayo tulis komentar cerdas