Home Palu

2021, Untad Miliki Laboratorium Terpadu

13
Prof Mahfudz MP. (Foto: Dok)
  • Akan Telan Anggaran Rp50 M dari Kemendikbud

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) akan memiliki laboratorium terpadu pada 2021 mendatang. Rektor Untad, Prof Dr Ir H Mahfudz MP, mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyiapkan anggaran pembangunan laboratorium tersebut.

“Dengan peralatannya hampir Rp50 miliar, mudah-mudahan tahun depan akan dilanjutkan. ,” ujar Prof Mahfudz di Palu, Selasa, 28 Juli 2020.

Laboratorium terpadu nantinya digunakan untuk program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Prof Mahfudz menjelaskan anggaran yang disiapkan untuk pembangunan laboratorium Untad awalnya berdasarkan permintaan dari pihak Kemendikbud. Untad diminta memasukkan proposal pembangunan fasilitas layanan akademik dengan anggaran yang disiapkan mencapai Rp100 miliar.

Menyikapi permintaan tersebut, Rektor bersama jajaran langsung bergerak cepat mengusulkan pembangunan empat laboratorium di lingkungan Universitas Tadulako. Laboratorium dimaksud diantarannya Laboratorum Terpadu, Laboratorium Fakultas Kesehatan Masyarakat, serta Laboratorium Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Rektor juga mengaku sudah mempresentasikan rencana dan manfaat pembangunan empat laboratorium yang diusulkan di Jakarta. Setelah presentasi tersebut, Prof Mahfudz merasa optimis usulan yang dimasukkan akan berbuah manis.

Namun rasa optimis tersebut tidak sepenuhnya berbuah manis karena Untad mendapat jatah satu hanya usulan pembangunan laboratorium. Hal ini dampak pengalihan anggaran untuk penangangan pandemi virus corona (Covid-19).

“Kami diberi pilihan hanya salah satu usulan pembangunan laboratorium di Universitas Tadulako. Maka dengan sangat terpaksa saya menentukan pilihan untuk membangun laboratorium terpadu karena itu yang paling besar anggarannya hampir Rp50 miliar,” ucap Prof Mahfudz.

Dikatakan, anggaran pembangunan laboratorium terpadu Untad sudah dalam pembahasan di Kemendikbud. Sementara untuk tiga usulan pembangunan laboratorium lainnya di Untad dijanjikan tahun berikutnya pada 2022.

“Yang tiga lagi dijanjikan tahun berikutnya, harus sabar dulu,” pungkas Prof Mahfudz.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas