Home Palu

Untad Menuju Smart Campus

7
PELUNCURAN SIMOU - Rektor Prof Mahfud (dua dari kanan) didampingi jajaran saat peluncuruan aplikasi Sistem Informasi Memorandum of Understanding (SIMoU) dari Gedung Rektorat Untad, Senin, 27 Juli 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • Rektor Luncurkan Aplikasi SIMoU

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) melanjutkan langkah menuju smart campus (kampus pintar) berbasis digital. Hal ini diwujudkan dengan peluncuran aplikasi Sistem Informasi Memorandum of Understanding (SIMoU) dari Gedung Rektorat Untad, Senin, 27 Juli 2020.

Peluncuran aplikasi ini dilakukan oleh Rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP, didampingi para wakil rektor, dewan pertimbangan, SPI, serta undangan lainnya yang disiarkan secara langsung melalui aplikasi zoom meeting dan kanal youtube Universitas Tadulako.

Dalam kesempatan ini, Prof Mahfudz menyampaikan apresiasi kepada Wakil Rektor Untad Bidang Pengembangan dan Kerjasama, Prof. Dr. Ir. Amar, ST, MT dan seluruh jajarannya yang telah menginisiasi dan merintis aplikasi SIMoU. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Prof. Amar ini, merupakan sebuah langkah maju, terhadap pengembangan Untad.

“Seperti kita tahu bersama, salah satu visi saya sebagai rektor yakni menjadikan Untad sebagai smart campus. Salah satu yang menjadi tolak ukurnya, adalah bagaimana kampus ini memanfaatkan sistem informasi digital,” ujar Prof Mahfudz.

Rektor berharap, semua unit yang berkaitan dengan penyelenggaraan manajemen pelayanan yang masih bersifat konvensional, bisa didigitalisasi seperti ini. Menurutnya, hal ini menjadi ukuran, apakah Untad sudah menerapkan sistem informasi secara optimal atau belum.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama, Prof. Dr. Ir. Amar, ST, MT, dalam pemaparannya terkait aplikasi SIMoU ini menjelaskan, SIMoU Untad ini diinisiasi dengan semangat reformasi birokrasi, dan upaya untuk mengejawantahkan visi dan misi universitas menuju standar internasional.

Poin penting dari aplikasi ini adalah pengintegrasian MoU di mana setiap jurusan dan program studi, akan mendapatkan akun, agar dapat mengakses aplikasi ini, sehingga semua kerjasama yang dilakukan, terangkum dalam data base aplikasi ini.

“Jadi salah satu gunanya aplikasi yang kita bangun ini agar bisa pelayanan satu pintu mulai tingkat universitas, fakultas, sampai prodi,” ucap Prof Amar.

Aplikasi ini juga diharapkan dapat menguatkan hubungan koordinasi dengan Sub Bagian Kerjasama Untad. Untuk itu pihaknya berharap sistem ini dapat segera memiliki regulasi, untuk dilaksanakan secara menyeluruh. Sistem aplikasi ini dapat diakses melalui laman mou.untad.ac.id. Dibangun dengan platform web responsive dan android, aplikasi SIMoU dapat diakses dengan smart phone.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas