Home Palu

Raperda APBD Palu Tahun 2019 Disetujui

30
Juru bicara Fraksi Nasdem DPRD Kota Palu, Mutmainah Korona menyampaikan pandangan fraksi Nasdem terkait Ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Palu tahun 2020 dalam rapat paripurna, Senin 27 Juli 2020. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Panitia Khusus (Pansus) pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palu tahun anggaran 2019, menyampaikan laporan hasil pembahasan yang mereka lakukan. Penyampaian itu disampaikan pada rapat paripurna DPRD Kota Palu yang dipimpin Wakil Ketua II DPRD Palu Mohamad Rizal, Senin (27/7/2020).

Rapat paripurna juga dihadiri Asisten Pemerintahan dan Administrasi Umum Setda Kota Palu, Imran Lataha, mewakili Wali Kota Palu Hidayat.

Wakil Ketua II DPRD Kota Palu, Muhammad Rizal mengatakan, setelah Ketua Pansus pertanggungjawaban APBD membacakan laporannya, semua fraksi yang ada di lembaga legislatif itu menyatakan setuju dengan materi muatan pertanggungjawaban tersebut.

“Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2019 disetujui dengan sejumlah catatan, yang nantinya akan dijawab oleh Wali Kota Palu Hidayat,” jelas Rizal.

Sebelum disetujui, sebanyak 9 perwakilan fraksi menyampaikan pandangan mereka terkait pertanggungjawaban APBD Kota Palu tahun 2019. Perwakilan Fraksi Nasdem, Mutmainah Korona mengatakan, pihaknya memberikan sejumlah catatan terkait pembahasan pertanggungjawaban APBD Palu tahun anggaran 2019 itu. Pertama, kesiapan dan keseriusan pemerintah daerah, terutama OPD masing-masing mengendalikan persediaan infrastruktur dan pembangunan SDM.

Kedua, keseriusan inspektorat di lingkup Pemerintah Kota Palu dalam melakukan pemeriksaan evaluasi secara berkala pada pemerintah daerah terkait program yang dilakukan, sehingga proses pembangunan akan berjalan sesuai waktu dan target yang diberikan. Ketiga, Pemkot Palu dan jajaran agar segera mengevaluasi dan mendorong penyelesaian pembangunan yang menjadi temuan pada pelaksanaan APBD tahun 2019.

“Terakhir keseriusan Pemkot Palu untuk mengawal dan mempertahankan prestasi opini WTP dari BPK di tahun-tahun mendatang,” terangnya.

Sebelumnya, DPRD Kota Palu membentuk Pansus pembahasan pelaksanaan APBD Palu tahun anggaran 2019. Pansus itu dibentuk pada 30 Juni 2020 lalu dengan 11 anggota masing-masing dari tiap fraksi komisi terkait yaitu; Armin dan Anwar Lanasi (Gerindra), Ishak Cae dan Farden Saino (Golkar), Rusman Ramli (PKS), Ridwan Basatu (Hanura), Moh. Imam Darmawan (Nasdem), Andris (PKB), Joppie Alvi Kekung (PDIP), Rezky Hadiyanti (Demokrat) dan Marselinus fraksi Amanat Indonesia (PAN dan Perindo).

Jika tak ada aral melintang, Wali Kota Palu Hidayat, dijadwalkan akan menyampaikan pendapatnya terkait pembahasan tersebut pada Selasa (28/7/2020).

Reporter: Hakir
Editor: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas