Home Politik

Fraksi PKS Dukung Rencana Pembentukan Pansus Covid-19

10
JUMPA WARTAWAN - Fraksi PKS DPRD Sulteng menggelar pertemuan santai dengan dengan sejumlah wartawan, Senin 27 Juli 2020 yan merupakan agenda tetap F-PKS Sulteng. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Banyaknya keluhan sistem belajar dari rumah mendapat perhatian serius dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Imbas dari covid-19, pemerintah memutuskan seluruh aktivitas belajar mengajar dilakukan secara online.

F-PKS DPRD Sulteng saat jumpa wartawan Senin 27 Juli 2020 kemarin menegaskan mendukung segala upaya dalam mencegah penularan covid-19, namun penanganannya harus komprehensif. Khusus untuk siswa tingkatan SMA/SMK yang notabene kewenangan pemerintah provinsi, perlu melihat kembali kebijakan sekolah dari rumah.

“Banyak keluhan yang masuk kepada kami (F-PKS), dimana siswa SMA/SMK belum diizinkan masuk sekolah khawatir tertular virus corona, tetapi disaat bersamaan siswa ini justru kumpul-kumpul di cafe tanpa menerapkan protokoler kesehatan,” ujar Ketua F-PKS Sulteng, Wiwik Jumatul Rofiah.

Kebijakan pelarangan sekolah dimasa pandemi, khususnya bagi siswa SMK/SMA semestinya bisa dilihat kembali. Siswa SMA/SMK secara usia sudah bisa memahami protokoler kesehatan, tinggal teknis pengaturan disekolah yang perlu ditata kembali.

“Perlu dilakukan survei terkait belajar dari rumah, khusus siswa SMA/SMK. Secara usia, siswa SMA/SMK sudah memahami protokoler kesehatan, tinggal sekolah yang berikan penguatan dalam menata sistem belajar mengajarnya. Saat ini memang siswa tidak kumpul-kumpul disekolah, tapi siswa itu kumpul-kumpulnya di cafe,” tegas Wiwik.

Karena itulah, F-PKS Sulteng mendukung adanya wacana pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 di DPRD Sulteng. Perlu dilakukan pengawasan khusus terkait covid-19, sehingga ada rekomendasi yang diberikan DPRD kepada pemerintah nanti.

“Wacana pembentukan Pansus Covid-19 sangat bagus, F-PKS mendukung itu. Tidak bisa dipungkiri, DPRD Sulteng banyak menerima keluhan maupuns aspirasi selama covid-19 ini,” kata Wiwik didampingi Sekretaris F-PKS, Tahir H Siri dan Bendahara F-PKS, Fatimah Lasawedi.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas