Home Palu

Hasil Tes Dikeluarkan Live Streaming

18
TERAPKAN PROKES - UPT Badan UPT BKN Donggala di Palu menyelenggarakan tes sekolah kedinasan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat seperti memakai masker, mencuci tangan, dan pemeriksaan suhu tubuh. (Foto: Istimewa)
  • Ujian Sekolah Kedinasan di Palu Terapkan Prokes Ketat

Palu, Metrosulawesi.id – UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN) Donggala di Palu tengah menyelenggarakan tes sekolah kedinasan instansi vertikal dengan metode CAT (Computer Assisted Test).

Kepala UPT Donggala di Palu, Supardi, mengungkapkan ujian berlangsung mulai Senin, 20 Juli 2020. Pelaksanaan ujian di tengah pandemi virus corona (Covid-19) mengharuskan panitia menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

“Semua peserta wajib memakai masker, mencuci tangan, menggunakan hand sinitizer, dan diperiksa suhu tubuh satu persatu. Alhamdulillah, semua suhu tubuh peserta normal 36 derajat,” ungkap Supardi, Rabu, 22 Juli 2020.

Tak hanya itu, UPT BKN Donggala di Palu juga mengharuskan peserta menjaga jarak satu dengan yang lainnya saat ingin registrasi dan memasuki ruang ujian. Untuk registrasi, panitia juga mewajibkan peserta menggunakan hand sinitizer. Sementara di ruang ujian, panitia sudah mengatur jarak komputer masing-masing peserta sekitar satu meter.

Selain itu, panitia meminimalisir sentuhan langsung kepada peserta saat pemeriksaan untuk mencegah kemungkinan penyebaran Covid-19. Absen manual ditiadakan diganti scan dokumen yang secara otomatis menjadi catatan kehadiran peserta ujian.

“Saat penyimpanan barang ke loker juga harus satu persatu, tidak bisa rame-rame, wajib menjaga jarak. Setelah itu, pas mau masuk ruangan ujian, harus kembali menggunakan hand sinitizer. Begitu pula saat keluar dan di luar setelah mengikuti ujian, tidak boleh bergerombol,” ujar Supardi.

Supardi mengatakan prokes diterapkan secara ketat menghindari munculnya klaster baru penyebaran virus corona. Adapun ujian kedinasan yang telah dilaksanakan yaitu Politeknik Statistika Badan Pusat Statistik (BPS), Calon Taruna Kementerian Perhubungan, dan Poltekip-Poltekim Kemenkumham RI.

Dalam pelaksanaan ujian kedinasaan kali ini, Supardi menuturkan hasil tes atau nilai masing-masing peserta dikeluarkan secara live streaming melalui kanal youtube dan facebook UPT BKN Palu. Semua peserta, orangtua/wali, dan masyarakat bisa melihat langsung hasil tes dari youtube dan facebook tersebut.

“Kami tidak pasang lagi layar di luar ruang ujian untuk menghindari kerumunan orang. Jadi peserta dan orangtua bisa langsung melihat hasil tes melalui facebook atau youtube. Dari dua instansi yang telah selesai mengikuti tes, tingkat capaian passing grade peserta lumayan sekitar 50 sampai 70 persen,” pungkas Supardi.

Seperti diberitakan, ujian sekolah kedinasan di UPT BKN Donggala di Palu nantinya akan diikuti sekitar 1.000 peserta. Semua peserta tes berasal dari kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas