Home Banggai Laut

Husen-Paulina Diberi Waktu Sebulan

76
Husen Habibu dan Paulina. (Foto: Istimewa)

  • Nasdem Pantau Dinamika Politik di Sigi

Palu, Metrosulawesi.id – Satu bulan lebih jelang pendaftaran calo kepala daerah, Partai Nasdem belum menetapkan calon di kedua kabupaten—Sigi dan Banggai Laut. Partai itu masih memantau pergerakan bakal calon yang akan diusung.

Sebenarnya untuk Pilkada Sigi, Nasdem sudah memberikan rekomendasi kepada pasangan Husen Habibu-Paulina untuk mencari partai koalisi serta meningkatkan elektabilitas. Hanya saja, Nasdem belum memberikan surat keputusan model B1-KWK kepada pasangan itu, karena surveinya masih di bawah calon pasangan petahana Moh Irwan-Samuel Yansen.

Ketua DPW Nasdem Sulteng, Atha Mahmud kepada sejumlah media Sabtu 18 Juli 2020 mengatakan, Nasdem memberikan kesempatan kepada Husen-Paulina bekerja lebih giat lagi. Survei terakhir pasangan ini masih di bawah kandidat petahana.

“Survei menjadi alat ukur utama Nasdem untuk memberikan rekomendasi. Apakah pasangan Husen Habibu-Paulina nanti mendapatkan dukungan dari Nasdem, semua tergantung keduanya. Masih ada waktu tersisa satu bulan lebih bagi pasangan ini meningkatkan potensi keterpilihannya sebelum Nasdem menentukan sikapnya,” tutur Atha Mahmud.

Meskipun masih memberikan kesempatan, Nasdem tidak mematok batas akhir bagi pasangan ini. Menurut Atha Mahmud, tahapan pendaftaran pasangan calon di KPU 4-6 September 2020, menjadi batasnya.

Atha mengakui, selain petahana belum ada pasangan lain yang sudah fix maju di Pilkada Sigi. Ini menjadikan dinamika politik di Sigi belum terbaca dengan jelas. Nasdem memantau terus perkembangannya, jika sudah ada pasangan calon yang mempunyai dukungan partai lengkap, pasti ada perubahan di Sigi.

“Selain petahana, belum ada kandidat lain yang sudah memenuhi syarat pencalonan. Situasi ini membuat dinamika politik di Sigi masih dikuasai petahana. Kita lihat saja nanti jika sudah ada kandidat lain yang lengkap dukungan partainya, apakah mengubah konstalasi atau tidak,” ujar Atha Mahmud.

Meskipun survei sementara Husen Habibu-Paulina tertinggal dari petahana, tetapi sebagi pemegang rekomendasi, peluang meraih surat keputusan model B1-KWK dari Nasdem paling terbuka.

“Nasdem pasti menentukan sikapnya kepada siapa usungan itu diberikan. Kita lihat saja saat pendaftaran di KPU nanti, lagi pula masih ada waktu satu bulan lebih sebelum mengambil keputusan,” tegas Atha.

Reporter: Elwin Kandabu
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas